Peneliti Spanyol pelajari dampak erupsi gunung Cumbre Vieja terhadap ekosistem bawah laut menggunakan robot.
Peneliti Spanyol pelajari dampak erupsi gunung Cumbre Vieja terhadap ekosistem bawah laut menggunakan robot.

Metro Siang

Pelajari Dampak Erupsi Cumbre Vieja, Peneliti Kirim Robot ke Dasar Laut

Internasional Spanyol Erupsi Gunung Metro Siang Gunung Berapi Cumbre Vieja Meletus
MetroTV • 23 Oktober 2021 14:25
Jakarta: Para peneliti Spanyol menerjunkan sebuah robot ke dasar laut untuk mempelajari dampak dari erupsi gunung Cumbre Vieja terhadap kehidupan bahari. Robot tersebut nantinya akan mengambil gambar serta sampel kehidupan bawah laut. 
 
Robot ROV Liropus 2000 menyelam ke kedalaman 100 meter untuk melihat kondisi bawah laut setelah erupsi gunung Cumbre Vieja. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar aliran lava serta abu vulkanik akibat gunung pada ekosistem bawah laut di sekitas Pulau La Palma.
 
“Selain digunakan untuk memonitor kondisi bawah laut, robot Liropus nantinya juga akan mengambil sampel bebatuan, gas, hewan, serta tumbuhan bawah laut yang terdampak untuk di teliti,” ujar presenter Metro TV Eva Wondo dalam program Metro Siang, Sabtu 23 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, robot Liropus tersebut telah mengirimkan gambar kehidupan bawah laut, seperti krustasea, bunga karang, dan taman karang cambuk. Hasilnya menunjukkan seberapa tebal abu vulkanik yang menutupi beberapa habitat di bawah laut. 
 
Walaupun Gunung Cumbre Vieja telah erupsi sejak satu bulan lalu, namun para peneliti memprediksi gunung itu masih akan terus erupsi hingga beberapa bulan ke depan. (Nabila Safarina)
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif