Petugas pemadam kebakaran di California, Amerika Serikat menyaksikan api yang melalap hutan. Foto: AFP
Petugas pemadam kebakaran di California, Amerika Serikat menyaksikan api yang melalap hutan. Foto: AFP

Tak Kunjung Padam, Ribuan Pemadam Kebakaran AS Kelelahan

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Marcheilla Ariesta • 18 September 2020 11:51
Oregon: Para petugas pemadam kebakaran Amerika Serikat (AS) kelelahan berjuang memadamkan api yang menghanguskan hutan AS di bagian barat. Ribuan petugas pemadam ini disebar ke beberapa wilayah kebakaran di AS.
 
Di Oregon, sebanyak 6.500 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api bekerja sama dengan badan tanggap darurat pemerintah lainnya. Tugas mereka belum selesai karena masih ada 26 kebakaran yang masih aktif di wilayah Oregon.
 
Sementara di California, Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran menyebut ada 17.400 petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan. Para petugas memadamkan 26 titik kebakaran di negara bagian AS yang paling padat penduduknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senator AS Jeff Merkley dari Oregon menggambarkan ia melihat sendiri 'kehancuran' di negara bagiannya. Ia mengunjungi pusat-pusat pengungsian, pusat pengendalian kebakaran, dan kota-kota yang terbakar api.
 
"Saya berkendara 965 kilometer dan merasa tidak pernah keluar dari asap. Saya ingat ketika mengemudi, saya berada dalam asap selama sekitar 30 menit," serunya dilansir dari AFP, Jumat, 18 September 2020.
 
Merkley mengatakan banyak perumahan yang 'hilang', termasuk gedung apartemen yang habis dilalap api.
 
"Ini luar biasa," kata senator dari Demokrat itu.
 
Kyle Sullivan, juru bicara Biro Manajemen Pertanahan AS di Medford, Oregon, mengatakan pembersihan asap bisa terjadi lebih cepat jika pemadaman kebakaran dilakukan lewat udara, dengan helikopter atau pesawat.
 
"Kami belum melihat banyak pertumbuhan titik api pekan ini. Udara saat ini tidak terlalu berangin atau panas," imbuhnya.
 
Kebakaran ini menyebabkan 42 orang tewas di wilayah California dan Oregon.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif