Presiden Brasil Jair Bolsonaro dikecam banyak gubernur karena lebih mementingkan ekonomi ketimbang keselamatan warga di tengah pandemi covid-19. (Foto: EVARISTO SA/AFP/File
Presiden Brasil Jair Bolsonaro dikecam banyak gubernur karena lebih mementingkan ekonomi ketimbang keselamatan warga di tengah pandemi covid-19. (Foto: EVARISTO SA/AFP/File

Presiden Brasil Tuduh Gubernur Manipulasi Data Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 28 Maret 2020 16:15
Brasilia: Presiden Brasil Jair Bolsonaro mempertanyakan data statistik pandemi virus korona (covid-19) di negaranya, terutama di negara bagian Sao Paulo. Menurutnya, data covid-19 di Sao Paulo telah dimanipulasi demi kepentingan politik.
 
Bolsonaro melontarkan tuduhan tersebut tanpa menyuguhkan bukti apapun. Sao Paulo menyumbang jumlah kasus dan kematian terbesar akibat covid-19 di Brasil, yakni 1.223 infeksi dan 68 korban tewas.
 
"Angkanya terlihat terlalu besar. Kita perlu melihat apa yang sebenarnya terjadi di sana. Jangan-jangan ada semacam permainan tertentu demi kepentingan politik," tuding Bolsonaro, dilansir dari laman France 24, Sabtu 28 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumat kemarin, Gubernur Sao Paulo Joao Doria menuduh Bolsonaro telah mendorong "misinformasi" terkait pandemi covid-19. Ia mengecam seruan Bolsonaro yang meminta masyarakat Brasil tetap beraktivitas seperti biasa di tengah mewabahnya virus korona.
 
Slogan Bolsonaro mirip dengan yang pernah diserukan di Milan, sebelum akhirnya jumlah kasus dan kematian akibat covid-19 di sebuah kota di Italia itu melonjak drastis.
 
Selain Doria, sejumlah gubernur lainnya di Brasil juga mengecam sikap Bolsonaro yang lebih memprioritaskan sektor perekonomian ketimbang keselamatan warga.
 
Mayoritas dari total 26 gubernur di Brasil telah melarang aktivitas perekonomian yang tidak penting di tengah pandemi. Mereka juga menghentikan sementara layanan publik demi meminimalisasi penyebaran covid-19.
 
Bolsonaro mengecam kebijakan para gubernur tersebut. "Sejumlah orang pasti mati dari waktu ke waktu, itulah namanya kehidupan," tutur Bolsonaro dalam sebuah wawancara di televisi. "Anda tidak mungkin akan menutup pabrik mobil hanya gara-gara ada banyak kecelakaan lalu lintas," lanjutnya.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Sabtu ini, total kasus covid-19 di Brasil mencapai 3.477 dengan 93 kematian dan enam pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif