NEWSTICKER
Pemerintah Swiss telah menutup seluruh sekolah pada 13 Maret 2020 di tengah pandemi covid-19. (Foto: AFP)
Pemerintah Swiss telah menutup seluruh sekolah pada 13 Maret 2020 di tengah pandemi covid-19. (Foto: AFP)

Pandemi Korona di Eropa, KBRI Bern Sesuaikan Layanan Konsuler

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 21 Maret 2020 10:36
Bern: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, melakukan sejumlah penyesuaian layanan kokonsuleran dan keimigrasian di tengah pandemi penyakit virus korona (covid-19).
 
Salah satu penyesuaian adalah penutupan sementara loket konsuler di KBRI Bern mulai Senin 16 Maret lalu hingga jangka waktu yang akan ditentukan kemudian.
 
Terdapat pula pengalihan seluruh layanan konsuler dan keimigrasian melalui pos ke Embassy of Indonesia, P.O. Box 112, 3000 Bern 15. Jadwal pengambilan data biometrik bagi pemohon Paspor RI juga diundur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penambahan waktu proses penerbitan dokumen kekonsuleran dan keimigrasian menjadi 15 hari kerja, sejak tanggal penerimaan berkas lengkap hingga tanggal pengiriman dokumen kepada pemohon oleh KBRI Bern," kata pihak KBRI Bern, dikutip Medcom.id, Jumat 20 Maret 2020.
 
Menurut pihak KBRI Bern, kebijakan ini tidak berlaku bagi WNI yang menghadapi situasi darurat, yang dapat dibuktikan dengan dokumen pendukung.
 
Sementara pelayanan loket konsuler dapat dilakukan melalui telepon ke nomor +41 31 352 0983-85 dan hotline darurat bagi WNI di nomor +41 79 653 30 68.
 
Beberapa KBRI di negara lain juga menerapkan kebijakan serupa, termasuk di Ankara, Turki. KBRI Ankara juga akan menutup layanan kekonsuleran dan keimigrasian mulai Senin mendatang, 23 Maret 2020.
 
Penutupan dimaksudkan agar WNI yang berada jauh dari Ankara tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan angkutan umum. KBRI Ankara akan tetap memberikan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian dengan metode berbeda.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Eropa sebagai pusat pandemi covid-19, dengan Italia sebagai negara yang paling parah dilanda virus tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif