Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Ultimatum WHO, Ancam Hentikan Pendanaan Selamanya

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 19 Mei 2020 11:27
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump melayangkan ultimatum kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan "perubahan besar" dalam kurun waktu 30 hari. Jika hal itu tak terjadi, maka AS akan selamanya menghentikan pendanaan untuk WHO.
 
Dalam sebuah tulisan di Twitter, Trump memperlihatkan sebuah surat yang ditujukan kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Surat itu berisi kritik dan kecaman Trump kepada WHO, organisasi yang dinilai kurang berbuat banyak dalam mencegah terjadinya pandemi virus korona (covid-19).
 
"WHO telah secara konsisten mengabaikan laporan-laporan kredibel mengenai penyebaran virus," tulis Trump, dikutip dari laman BBC, Selasa 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengkritik WHO yang berulang kali "memuji" Tiongkok atas sepak terjang melawan covid-19. Dalam beberapa kesempatan, Trump telah menuding WHO "bias" terhadap Tiongkok.
 
Menurut Trump, satu-satunya jalan bagi WHO untuk memperbaiki diri adalah "mendemonstrasikan independensi dari Tiongkok."
 
Trump juga menegaskan bahwa jika WHO tidak "melakukan perubahan-perubahan besar yang substantif," maka dirinya akan membuat pembekuan dana AS saat ini menjadi permanen. Tidak hanya itu, Trump juga mengaku akan mempertimbangkan kembali keanggotaan AS dalam WHO.
 
Bulan lalu, Trump telah memerintahkan pembekuan sementara pendanaan AS untuk WHO. Namun dalam beberapa hari terakhir, Trump disebut-sebut berencana memulihkan kembali sebagian pendanaan tersebut.
 
Menurut laporan Fox News, sebuah kerangka surat telah disiapkan AS yang akan ditujukan kepada Dirjen WHO.
 
AS merupakan penyandang dana terbesar WHO, dengan angka kontribusi USD400 juta (Rp5,9 triliun) tahun lalu.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif