Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP

Ukraina Tuduh Rusia Rencanakan Pemungutan Suara Kemerdekaan Palsu

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Volodymyr Zelensky Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 22 April 2022 15:20
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia berencana ‘memalsukan’ referendum kemerdekaan di sebagian wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia yang diduduki.
 
Dalam pesan video Kamis malam, Zelensky mendesak penduduk daerah yang diduduki untuk tidak memberikan informasi pribadi apa pun, seperti nomor paspor mereka, kepada pasukan Rusia.
 
"Ini bukan untuk membantu Anda. Ini bertujuan untuk memalsukan apa yang disebut referendum di tanah Anda, jika perintah datang dari Moskow untuk menggelar pertunjukan semacam itu," kata Presiden Zelensky, seperti dikutip AFP, Jumat 22 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kenyataannya. Hati-hati,” tegasnya.
 
Kiev pada awal Maret menuduh Moskow merencanakan referendum di Kherson mirip dengan jajak pendapat Krimea 2014, di mana sejumlah besar penduduk memilih untuk bergabung dengan federasi Rusia.
 
Pemungutan suara yang dilakukan setelah Rusia mengambil alih wilayah itu, dikutuk sebagai ilegal oleh pemerintah Ukraina dan Barat.
 
Wilayah timur pro-Rusia Donetsk dan Luhansk juga mendeklarasikan kemerdekaan setelah referendum yang dikecam sebagai tidak sah oleh komunitas internasional.
 
"Setiap 'Republik Rakyat Kherson' tidak akan pindah,” Zelensky memperingatkan.
 
"Jika seseorang menginginkan aneksasi baru, itu hanya dapat menyebabkan serangan sanksi baru yang kuat terhadap Rusia,” tegasnya.
 
Kherson adalah kota besar pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia setelah invasi 24 Februari mereka ke Ukraina. Di utara, tentara Rusia juga menguasai wilayah yang luas di sekitar kota Zaporizhzhia, yang tetap berada di tangan Ukraina.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif