Petugas menyalurkan bantuan makanan kepada warga di Austin, Texas pada 20 Februari 2021. (JOE RAEDLE/Getty/AFP)
Petugas menyalurkan bantuan makanan kepada warga di Austin, Texas pada 20 Februari 2021. (JOE RAEDLE/Getty/AFP)

Biden Deklarasikan Status Bencana Besar di Texas

Willy Haryono • 21 Februari 2021 07:51
Washington: Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendeklarasikan status bencana besar di negara bagian Texas terkait suhu dingin ekstrem yang menewaskan hampir 60 orang. Lewat deklarasi ini, dana bantuan federal dapat lebih banyak disalurkan untuk membantu Texas.
 
Aliran listrik mulai kembali di seantero Texas, dan suhu udara juga perlahan naik. Namun setidaknya 14 juta warga Texas masih kesulitan mengakses air bersih.
 
Dilansir dari laman BBC pada Minggu, 21 Februari 2021, Biden mengaku hendak mengunjungi Texas selama kehadirannya tersebut tidak mengganggu upaya penanganan bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini suhu dingin ekstrem di seantero AS telah menewaskan hampir 60 orang. Dari seluruh wilayah terdampak, Texas merupakan yang paling parah.
 
Baca:  Jutaan Orang di Texas Bertahan Dalam Musim Dingin Tanpa Listrik
 
Otoritas AS telah mendeklarasikan status darurat untuk Texas, Oklahoma, dan Louisiana. Namun karena Texas merupakan yang terparah, Biden pun meningkatkannya menjadi status bencana besar.
 
"Saya telah memerintahkan bantuan federal untuk membantu upaya pemulihan di berbagai area yang terkena dampak badai salju parah," kata Biden dalam pernyataan dari Gedung Putih.
 
"Bantuan dapat berupa dana perbaikan rumah, kredit berbunga rendah untuk properti yang tidak diasuransikan, dan program-program lainnya untuk membantu warga dan pemilik tempat usaha bangkit dari bencana," sambungnya.
 
Biden telah berkomunikasi dengan wali kota dari beberapa kota di Texas seperti Houston, Austin, dan Dallas, untuk memastikan mereka semua mendapat akses bantuan federal.
 
Gubernur Texas Greg Abbott berterima kasih kepada Biden atas status bencana darurat. Ia menyebutnya sebagai "sebuah langkah penting perdana."
 
Beberapa negara bagian selatan di AS juga terkena suhu dingin ekstrem yang berujung pemadaman listrik dan air bersih. Aliran air bersih terpantau tersendat di kota Jackson Mississippi dan juga kota Memphis di Tennessee.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif