Presiden AS Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump (kanan) berjabat tangan dengan PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)

Trump Tawarkan Bantuan Medis kepada PM Inggris

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 07 April 2020 10:34
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menawarkan bantuan medis kepada Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang saat ini sedang dirawat di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit di London. PM Johnson dibawa ke rumah sakit karena kondisi kesehatannya semakin memburuk usai terjangkit virus korona (covid-19).
 
Dikutip dari Guardian, Selasa 7 April 2020, Trump tidak menyebutkan secara spesifik perusahaan AS apa yang dapat membantu perawatan PM Johnson.
 
Namun pada Minggu 5 April lalu, Trump telah bertemu dengan pemimpin empat perusahaan obat-obatan di AS, yakni Amgen, Genetech, Gilead, dan Regeneron.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Trump telah menyampaikan dukungannya kepada PM Johnson. "Semua warga Amerika turut mendoakannya. Ia adalah sahabat Amerika dan seorang pemimpin yang hebat," tutur Trump.
 
Baca:Kondisi PM Inggris Memburuk Akibat Covid-19
 
Ia juga pernah menyebut PM Johnson sebagai seorang sahabat dan "pria yang luar biasa."
 
Saat ditanya apakah kebijakan PM Johnson mengenai pandemi covid-19 tepat, terutama di fase-fase awal mewabahnya virus tersebut, Trump menjawab secara diplomatis.
 
"Boris melihat (wabah covid-19) ini dengan sudut pandang berbeda. Dia mungkin menganggapnya sebagai sesuatu yang akan berlalu dengan cepat," ujar Boris.
 
Trump juga dikecam sejumlah pihak di AS karena dinilai 'meremehkan' covid-19 di fase-fase awal. Namun kini, AS telah menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi melampaui Italia dan Tiongkok.
 
Mengenai hal tersebut, Trump menegaskan tingginya angka kasus karena AS telah melakukan lebih dari 1 juta tes covid-19.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Selasa ini, jumlah infeksi covid-19 di AS telah melampaui 368 ribu dengan lebih dari 10 ribu kematian dan 19.828 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif