Presiden Volodymyr Zelensky menyapa sekelompok prajurit Ukraina. (Ukrainian Presidential Press Office)
Presiden Volodymyr Zelensky menyapa sekelompok prajurit Ukraina. (Ukrainian Presidential Press Office)

Presiden Ukraina Yakin Pasukannya Mampu Menghalau Serangan Rusia

Internasional Amerika Serikat ukraina vladimir putin rusia joe biden Rusia-Ukraina Volodymyr Zelensky
Marcheilla Ariesta • 07 Desember 2021 14:28
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menegaskan bahwa pasukan nasional mereka mampu melawan serangan apapun dari Rusia. Ia mengatakan hal tersebut saat memperingati hari angkatan bersenjata Ukraina yang meliputi kehadiran kendaraan lapis baja Amerika Serikat (AS) dan kapal patroli.
 
Ukraina menuduh Rusia menempatkan puluhan ribu tentara di dekat perbatasannya sebagai persiapan untuk melakukan invasi berskala besar. Rusia berulang kali membantah tudingan itu.
 
"Para prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina terus memenuhi misi terpenting mereka - untuk mempertahankan kebebasan dan kedaulatan negara dari agresor Rusia," kata Zelensky, dikutip dari Independent, Selasa, 7 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentara Ukraina yakin dengan kekuatannya dan mampu menggagalkan rencana musuh," lanjut dia.
 
Rusia menolak pembicaraan mengenai tuduhan rencana invasi ke ke Ukraina. Namun Moskow mengatakan kepada negara-negara Barat agar tidak melewati 'garis merah' terkait ketegangan ini.
 
Baca:  Rusia Tuduh Ukraina Kerahkan Separuh Pasukan Militernya ke Perbatasan
 
Zelensky akan melakukan perjalanan ke Kharkiv, pusat tradisional untuk pembuatan senjata Ukraina, untuk menghadiri acara pengiriman tank dan kendaraan lapis baja yang dibuat di pabrik-pabrik kota tersebut.
 
Ia juga akan mengunjungi Donetsk, di mana tentara Ukraina berperang dengan separatis pro-Rusia. Sejak 2014, menurut data Pemerintah Ukraina, konflik di wilayah tersebut telah menewaskan 14.000 orang.
 
Dalam ketegangan di wilayah timur, Ukraina mendapat dukungan dari AS. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menjanjikan dukungan tak tergoyahkan untuk Ukraina.
 
Biden dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa ini untuk mencoba meredakan krisis tersebut.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif