Kondisi Kharkiv hancur akibat gempuran dari Rusia. Foto: AFP
Kondisi Kharkiv hancur akibat gempuran dari Rusia. Foto: AFP

PBB: Jumlah Kematian Warga Sipil Ukraina Dikhawatirkan Ribuan Lebih Besar

Internasional ukraina pbb rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Medcom • 11 Mei 2022 12:03
Jenewa: Kepala Misi Pemantauan Hak Asasi Manusia (HRMMU) PBB di Ukraina pada Selasa, 10 Mei 2022 menyatakan angka kematian warga sipil selama 11 pekan perang sebenarnya mencapai ribuan lebih tinggi dibandingkan 3.381 yang resmi dilaporkan.
 
Terdiri atas 55 monitor di Ukraina, tim PBB mengatakan, sebagian besar kematian diakibatkan senjata peledak dengan cakupan luas, seperti serangan rudal dan serangan udara.
 
“Kami sedang mengupayakan perkiraan (jumlah kematian), tapi yang bisa saya katakan sekarang adalah jumlahnya ribuan lebih tinggi daripada yang telah kami berikan pada Anda,” ujar Matilda Bogner, dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Lubang hitam besar sebenarnya Mariupol di mana sulit bagi kami untuk memperoleh akses penuh dan memperoleh informasi yang kuat,” imbuhnya, mengacu pada kota pelabuhan yang menjadi lokasi perang tersengit.
 
Moskow membantah menargetkan rakyat sipil dan menyebut invasi yang dimulai 24 Februari itu sebagai “operasi militer khusus” untuk melucuti senjata Ukraina. Rusia juga mengatakan pihaknya bertujuan menyingkirkan yang disebutnya sebagai nasionalis anti Rusia dan didorong Barat.
 
Bogner juga menyampaikan bahwa pihaknya tengah menyelidiki dugaan penyiksaan, perlakuan buruk eksekusi oleh pasukan Ukraina terhadap tentara invasi Rusia dan kelompok bersenjata.
 
"Dalam hal tingkat pelanggaran oleh pasukan Ukraina, sementara skalanya secara signifikan lebih tinggi tuduhan terhadap pasukan Rusia, (tapi) kami juga mendokumentasikan pelanggaran oleh pasukan Ukraina," katanya. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif