Staf medis memberikan selamat kepada pasien sembuh covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP)
Staf medis memberikan selamat kepada pasien sembuh covid-19 di Wuhan, Tiongkok. (Foto: AFP)

2 Juta Pasien Covid-19 Telah Dinyatakan Sembuh

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 23 Mei 2020 18:03
Maryland: Lebih dari dua juta orang di seluruh dunia telah sembuh dari virus korona (covid-19). Data terbaru disampaikan Universitas Johns Hopkins pada Sabtu 23 Mei 2020, yang mencatat jumlah pasien sembuh di angka 2.058.581.
 
Sementara untuk total infeksi covid-19, Universitas Johns Hopkins mencatat angkanya di atas 5,2 juta dengan lebih dari 338 ribu kematian.
 
Sejauh ini AS masih menjadi negara dengan angka kasus covid-19 tertinggi di dunia, yakni lebih dari 1,6 juta dengan 96 ribu lebih kematian dan 350.135 pasien yang telah dinyatakan pulih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bawah AS, negara lain dengan kisaran 200-300 ribu kasus covid-19 adalah Brasil, Rusia, Inggris, Spanyol dan Italia. Brasil awalnya berada di bawah Rusia, namun lonjakan kasus menjadikannya negara dengan angka infeksi covid-19 tertinggi kedua setelah AS.
 
Sejak pertama kali muncul di kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada akhir Desember 2020, covid-19 telah menyebar di lebih dari 210 negara dan wilayah.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) awalnya menyatakan Eropa sebagai pusat pandemi covid-19. Namun belakangan, WHO menyebut Amerika Latin telah menjadi episentrum baru, dengan Brasil sebagai negara yang terkena dampak terparah.
 
"Ada banyak negara di Amerika Selatan yang jumlah kasusnya terus meningkat," kata Direktur Urusan Darurat WHO, Dr Mike Ryan dalam sebuah konferensi virtual.
 
"Tentu saja ada kekhawatiran di banyak negara tersebut, namun yang paling parah saat ini adalah Brasil," sambungnya.
 
Menurut data Kementerian Kesehatan Brasil, angka kematian akibat covid-19 di negara tersebut melonjak dua kali lipat dalam 11 hari terakhir. "Mayoritas kasus berasal dari daerah Sao Paulo," sebut Ryan.
 
"Namun dalam rata-rata angka infeksi, yang tertinggi ada di wilayah Amazonas: sekitar 490 infeksi per 100 ribu populasi," lanjutnya, merujuk pada salah satu negara bagian di Brasil.
 
Kemenkes Brasil telah merekomendasikan penggunaan obat jenis klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk mengobati pasien covid-19. Presiden Brasil Jair Bolsonaro terus mendorong penggunaan obat tersebut, meski belum ada bukti konklusif mengenai tingkat efektivitasnya.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif