NEWSTICKER
Presiden Argentina Alberto Fernandez, (Foto: AFP/STEPHANE DE SAKUTIN)
Presiden Argentina Alberto Fernandez, (Foto: AFP/STEPHANE DE SAKUTIN)

Argentina Terapkan Lockdown, Ancam Sanksi bagi Pelanggar

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 21 Maret 2020 08:38
Buenos Aires: Argentina menerapkan penutupan total atau lockdown berskala nasional dalam upaya menekan penyebaran penyakit virus korona (covid-19) di seantero negeri. Lockdown nasional di Argentina ini akan berlaku hingga setidaknya 31 Maret 2020.
 
"Saya baru saja mengeluarkan dekrit sosial, preventif, dan isolasi wajib bagi seluruh warga. Ini merupakan keputusan luar biasa di tengah momen yang juga luar biasa," ucap Presiden Argentina Alberto Fernandez, seperti dikutip dari Anadolu Agency.
 
Ia menambahkan bahwa keputusan lockdown harus diambil karena penyebaran pandemi covid-19 di seluruh dunia terjadi dengan begitu cepat. Fernandez menilai pandemi korona merupakan "masalah kesehatan yang sangat serius."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins per hari ini, Sabtu 21 Maret 2020, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 172 ribu. Sementara angka korban tewas akibat covid-19 telah melampaui 11 ribu, dengan jumlah pasien sembuh mencapai 87.966.
 
Fernandez mengaku mengambil keputusan lockdown usai mendengar saran dari berbagai pakar dan pejabat. Lewat kebijakan ini, ia meminta agar seluruh warga Argentina untuk tetap berdiam dk rumah masing-masing.
 
Pasukan keamanan Argentina akan berpatroli di sejumlah ruas jalan untuk memastikan seluruh warga mematuhi aturan. Warga hanya boleh keluar rumah untuk urusan darurat, seperti membeli bahan kebutuhan pokok atau pergi ke rumah sakit.
 
"Kami ingin semua orang tidak mengemudi di jalanan publik. Siapapun yang tidak mematuhi ini, akan dijatuhi sanksi," tegas Fernandez.
 
Pekan kemarin, Argentina telah menerapkan sejumlah langkah untuk menekan penyebaran covid-19. Kebijakan Fernandez meliputi status darurat kesehatan selama satu tahun dan melarang kedatangan warga asing dari beberapa negara terdampak covid-19.
 
Di Argentina, jumlah kasus covid-19 sejauh ini mencapai 128 dengan tiga kematian. Selain Argentina, sejumlah negara global telah menerapkan lockdown, dengan Italia sebagai yang pertama mendeklarasikannya beberapa pekan lalu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif