NEWSTICKER
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)

WHO Kembali Tekankan Pentingnya Memperbanyak Tes Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 24 Maret 2020 06:40
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa jumlah pandemi penyakit virus korona (covid-19) semakin meningkat, dengan lebih dari 300 ribu infeksi yang telah dikonfirmasi di 168 negara. Namun, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan bahwa situasi ini masih bisa diubah.
 
Ia kembali menekankan pentingnya bagi semua negara untuk meningkatkan jumlah tes korona dan pelacakan individu terjangkit.
 
"Anda tidak bisa menang di pertandingan sepak bola hanya dengan bertahan. Anda juga harus menyerang," ucap Tedros dalam konferensi pers bersama presiden FIFA Gianni Infantino.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meminta masyarakat untuk tetap diam di rumah dan juga menjaga jarak sosial atau social distancing dinilai Tedros merupakan dua hal penting untuk memperlambat penyebaran covid-19. Namun ia menyebut dua langkah tersebut hanya bersifat defensif.
 
"Untuk menang, kita perlu menyerang virus ini secara agresif -- tes semua individu terduga (covid-19), isolasi, dan rawat semua infeksi terkonfirmasi, serta kejar dan karantina semua kontak," tegas Tedros, dilansir dari BBC, Selasa 24 Maret 2020.
 
Masih di kesempatan yang sama, Tedros juga mengekspresikan kekhawatirannya mengenai jumlah infeksi covid-19 di kalangan pekerja kesehatan. Ia menilai hal tersebut terjadi karena minimnya ketersediaan alat pelindung diri (APD).
 
"Pekerja kesehatan hanya dapat melakukan tugasnya secara efektif jika mereka dapat bekerja dengan aman," sebut Tedros. "Bahkan jika kita melakukan semuanya dengan benar, jika kita tidak memprioritaskan keselamatan pekerja kesehatan, maka banyak orang akan meninggal karena pekerja kesehatannya sakit," lanjutnya.
 
Tesros mengatakan, WHO dan para miranya berencana memprioritaskan isu penggunaan APD. Ia menyerukan adanya "komitmen dan koordinasi politik di level global" demi memastikan terjadinya peningkatan produksi APD untuk didistribusikan ke negara-negara yang membutuhkan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif