NEWSTICKER
Mantan wapres AS Joe Biden. (Foto: AFP)
Mantan wapres AS Joe Biden. (Foto: AFP)

Kamala Harris Dukung Joe Biden Jadi Capres Demokrat

Internasional Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 09 Maret 2020 08:01
California: Senator California Kamala Harris mendukung mantan wakil presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat. Menurutnya, Biden merupakan politikus veteran yang mampu memimpin AS dengan baik.
 
"Kita semua sangat membutuhkan dia saat ini," ucap Harris lewat tulisan di Twitter, Minggu 8 Maret 2020.
 
Dikutip dari BBC, dukungan Harris merupakan angin segar lanjutan bagi Biden untuk menantang petahana Donald Trump di pemilihan umum presiden pada November 2020 mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harris, perempuan yang dipandang sebagai tokoh dengan karier cemerlang di Demokrat, telah mengakhiri pencalonannya dalam pilpres AS pada Desember tahun lalu.
 
Dukungan untuk Biden melonjak dalam pemilihan pendahuluan (primary) Demokrat pada ajang Super Tuesday pada Selasa kemarin. Biden berhasil berjaya di 10 dari total 14 negara bagian yang mengikuti Super Tuesday.
 
Tidak hanya menang, Biden juga mendapat dukungan dari tiga tokoh lainnya, yakni Pete Buttigieg, Amy Klobuchar, dan Beto O'Rourke. Rangkaian dukungan ini menjadikan Biden sebagai salah satu nominasi utama Demokrat bersama senator asal Vermont, Bernie Sanders.
 
"Saya sangat percaya kepadanya. Saya telah mengenal dia sejak lama," ungkap Harris saat mengumumkan dukungannya untuk Biden di Twitter.
 
"Kita membutuhkan seorang pemimpin yang benar-benar peduli terhadap rakyat dan juga dapat menyatukan mereka semua," tambahnya.
 
Biden kemudian mengucapkan terima kasih kepada Harris. Ia menilai Harris sebagai perempuan tangguh yang memperjuangkan nasib kelompok-kelompok marjinal di AS.
 
Kedua tokoh tersebut memperlihatkan kehangatan meski sempat berdebat cukup sengit dalam debat kandidat capres Demokrat. Juni 2019, Harris menyerang Biden atas penentangannya terkait kebijakan segregasi di sekolah-sekolah AS.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif