Henri Kichka bersama anak dan cucunya di Belgia. (Foto: BBC/COURTESY OF KICHKA FAMILY)
Henri Kichka bersama anak dan cucunya di Belgia. (Foto: BBC/COURTESY OF KICHKA FAMILY)

Penyintas Kamp Nazi Meninggal akibat Covid-19

Internasional Virus Korona nazi Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 27 April 2020 08:45
Brussels: Salah satu penyintas kekejaman organisasi Nazi di era Perang Dunia II, Henri Kichka, meninggal akibat terjangkit virus korona (covid-19). Pria asal Belgia itu mengembuskan napas terakhir di sebuah panti jompo di Brussels pada Sabtu kemarin di usia 94 tahun.
 
Dikutip dari BBC, Senin 27 April 2020, Henri merupakan salah satu korban selamat dari kekejaman di Auschwitz, salah satu kamp Nazi di Polandia utara. Januari lalu, ia pernah menceritakan pengalamannya saat berada di Auschwitz.
 
Saat ditanya bagaimana dirinya bisa bertahan hidup, Henri menjawab: "Anda tidak bisa hidup di Auschwitz. Di sana adalah tempat kematian."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Michel Kichka, anak dari Henri, menuliskan tribut untuk sang ayah melalui sebuah tulisan di Facebook. "Virus korona yang berukuran mikro telah berhasil (merenggut nyawa ayah), sementara pasukan Nazi berakhir gagal. Ayah saya telah bertahan hidup dari Mars Kematian, namun hari ini Mars Kehidupannya telah berakhir," tulis Michel.
 
Henri Kichka lahir di Brussels pada 1926 di sebuah keluarga Yahudi asal Polandia. Orang tua Henri telah melarikan diri dari gerakan anti-semitisme di Eropa Timur menuju Barat.
 
Saat Nazi menginvasi dan menduduki Belgia, mereka tidak dapat bersembunyi dan kemudian dideportasi pada 1942.
 
Saat ditangkap Nazi, Henri dan ayahnya dipekerjakan sebagai budak. Sementara ibu, adik perempuan, dan bibi Henri langsung dibunuh di sebuah ruangan gas saat tiba di kamp Auschwitz.
 
Pada 1945, Henri bersama sekelompok buruh lainnya diperintahkan berjalan ke sebuah kamp Jerman oleh sipir Nazi. Perjalanan itu disebut sebagai "Mars Kematian" karena semua buruh berjalan dalam keadaan lapar akut.
 
Perjalanan itu dilakukan seiring semakin mendekatnya pasukan Uni Soviet ke kamp-kamp Nazi dari arah timur dan pusat Eropa.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif