Vaksin keluaran sinovac yang diuji di Brasil dan Indonesia. Foto: AFP
Vaksin keluaran sinovac yang diuji di Brasil dan Indonesia. Foto: AFP

Brasil Akan Suntik Vaksin Covid-19 ke Warga pada Desember

Internasional Virus Korona vaksin covid-19
Fajar Nugraha • 24 September 2020 15:52
Sao Paolo: Gubernur negara bagian Sao Paulo, Brasil, Joao Doria mengatakan, negara bagian tersebut kemungkinan akan mulai mengimunisasi populasinya dengan vaksin covid-19 dari Tiongkok. Vaksin yang digunakan tersebut berasal dari manufaktur farmasi Sinovac.
 
Rencananya vaksin tersebut akan dimulai disuntik ke warga pada Desember tahun ini. Namun hal itu akan menunggu izin dari regulator.
 
Brasil memiliki jumlah kasus virus korona tertinggi ketiga di dunia. Para pembuat vaksin terkemuka melakukan uji coba di Amerika Selatan untuk menguji kandidat vaksin covid-19 mereka mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sao Paulo adalah salah satu lokasi uji klinis Fase III untuk vaksin Sinovac yang dilakukan oleh Butantan Institute. Ini adalah sebuah pusat penelitian biomedis terkemuka.
 
“Sebanyak lima juta dosis vaksin diharapkan tiba di Sao Paulo, pada bulan Oktober. Kami memiliki kesepakatan dengan Sinovac untuk 60 juta dosis yang akan diberikan pada akhir Februari,” ujar Doria, seperti dikutip US News, Kamis 24 September 2020.
 
“Jumlah tersebut cukup untuk memvaksinasi seluruh penduduk Sao Paolo,” tuturnya.
 
Kepala Sinovac Amerika Latin, Xing Han, mengatakan hasil uji coba Fase III akan keluar dalam dua bulan.
 
Pemerintah negara bagian di Brasil sangat agresif dalam mendekati pembuat vaksin. Negara bagian seperti Bahia dan Parana membuat kesepakatan untuk menguji dan membeli atau memproduksi vaksin Sputnik V dari Rusia.
 
Pfizer Inc dan mitranya BioNTech menerima persetujuan peraturan Brasil minggu lalu untuk memperluas uji coba vaksin mereka di negara bagian Sao Paulo dan Bahia.
 
Vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan University of Oxford memiliki kesepakatan produksi dan distribusi dengan lembaga penelitian biomedis federal Fiocruz dan juga sedang diuji di Brasil oleh universitas federal Sao Paulo.
 
Tidak hanya Brasil yang melakukan uji klinis ketiga dari vaksin Sinovac. Vaksin ini juga diuji di Indonesia dengan kerja sama bersama Bio Farma.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif