Markas besar Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon. (AFP)
Markas besar Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon. (AFP)

Petinggi Pentagon Karantina Mandiri usai Perwira Positif Covid-19

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus covid-19
Willy Haryono • 07 Oktober 2020 06:28
Washington: Jajaran petinggi militer Amerika Serikat dan sejumlah anggota Kepala Staf Gabungan Kementerian Pertahanan (Pentagon) melakukan karantina mandiri usai seorang perwira dinyatakan positif virus korona (covid-19). Laksamana Charles Ray, wakil komandan Penjaga Pantai AS, dinyatakan positif covid-19 usai merasakan gejala ringan sepanjang akhir pekan.
 
Menurut keterangan Penjaga Pantai AS pada Selasa, 6 Oktober 2020, Ray mengisolasi diri di rumahnya sesuai protokol kesehatan covid-19.
 
Jonathan Hoffman, asisten Menteri Pertahanan Mark Esper, mengatakan bahwa Pentagon mengetahui hasil positif Ray. Hoffman juga mengatakan Ray "pernah berada di Pentagon pekan kemarin saat menghadiri rapat dengan sejumlah perwira militer."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peserta rapat meliputi beberapa petinggi. Kami sedang melakukan pelacakan kontak dan mengambil langkah antisipatif untuk melindungi jajaran (Pentagon)," kata Hoffman, dikutip dari laman NTD.
 
"Sebagai bentuk kewaspadaan, semua orang dari pertemuan tersebut sudah melakukan karantina mandiri dan melakukan trs. Tidak ada kontak dari Pentagon yang memperlihatkan gejala, dan sejauh ini tidak ada hasil positif," sambungnya.
 
Jenderal Mark Milley, pemimpin Kepala Staf Gabungan Pentagon, dan juga beberapa petinggi lainnya dinyatakan negatif covid-19. Namun mereka telah mengisolasi diri sebagai bentuk kewaspadaaa.
 
Hoffman mengatakan, karantina mandiri ini tidak mengubah kesiapan operasional maupun kapabilitas misi dari Angkatan Bersenjata AS.
 
"Para petinggi militer senior masih tetap bersiaga secara penuh dan melakukan tugas mereka dari lokasi kerja alternatif," ucapnya.
 
Baca:8 Pelaut Kapal Induk AS Kembali Positif Covid-19
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif