Warga Prancis akan dapatkan vaksin covid-19 gratis. Foto: AFP.
Warga Prancis akan dapatkan vaksin covid-19 gratis. Foto: AFP.

Prancis Pastikan Warganya dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Internasional prancis vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 04 Desember 2020 21:08
Paris: Prancis memastikan akan memberikan vaksin virus korona (covid-19) gratis untuk semua warganya yang tercatat dalam sistem jaminan sosial mereka. Pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar USD1,82 miliar (sekitar Rp25,8 triliun) dari anggaran jaminan sosial untuk menutupi biaya vaksinasi.
 
Hal ini disampaikan Perdana Menteri Jean Castex pada Kamis, 3 Desember kemarin. Castex mengumumkan strategi vaksinasi Prancis bersama beberapa menteri pemerintahannya. Ia menegaskan vaksinasi tidak akan diwajibkan, namun Castex mendesak agar sebanyak mungkin warga dapat disuntik.
 
Lebih dari 54 ribu orang di Prancis meninggal akibat virus ini. Covid-19 juga telah menggelincirkan ekonomi dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mobilisasi yang luar biasa di seluruh dunia telah memungkinkan perkembangan pesat vaksin. Meskipun jangka waktunya pendek, kami tidak mungkin akan membahayakan keselamatan semua warga," kata Castex menjelaskan bahwa vaksin yang didistribusikan di Prancis akan aman.
 
"Mendapatkan vaksin juga berarti melindungi orang lain. Ini adalah pilihan untuk percaya, kita harus sebanyak mungkin mendapatkan vaksin," imbuhnya, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Baca juga: Mantan Presiden Prancis Meninggal karena Covid-19
 
Pada Rabu lalu, Inggris menjadi negara Barat pertama yang menyetujui vaksin covid-19. Mereka akan menggunakan vaksin yang dikembangkan raksasa farmasi Amerika Serikat, Pfizer bekerja sama dengan perusahaan Jerman, BioNTech.
 
London menargetkan sekitar 800 ribu dosis awal akan tiba pekan depan. Ini juga menandakan program vaksinasi akan dilakukan pada saat yang bersamaan dengan ketibaan vaksin.
 
Tak hanya Prancis, Portugal juga mengumumkan akan memberikan vaksin gratis bagi warganya. Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa menuturkan akan ada 1.200 titik pusat kesehatan untuk vaksinasi di seluruh negara.
 
Prioritas akan diberikan kepada mereka yang berusia di atas 50 tahun dengan kondisi memiliki penyakit, seperti jantung atau masalah paru-paru. Tak hanya itu, sektor-sektor kesehatan, militer, dan keamanan, serta orang-orang di panti jompo dan unit perawatan intensif juga akan menjadi prioritas vaksinasi.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif