Menlu Retno Marsudi mengaku siap bekerja bersama COVAX dalam memastikan kesetaraan akses vaksin covid-19. (Twitter/@Menlu_RI)
Menlu Retno Marsudi mengaku siap bekerja bersama COVAX dalam memastikan kesetaraan akses vaksin covid-19. (Twitter/@Menlu_RI)

Indonesia Jadi Ketua Bersama Dewan Vaksin Covid-19 WHO

Internasional Virus Korona menlu retno lp marsudi WHO covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19
Willy Haryono • 13 Januari 2021 08:34
Jenewa: Indonesia terpilih menjadi ketua bersama COVAX AMC Engagement Group di Jenewa, Swiss pada Selasa, 12 Januari 2021 waktu setempat. COVAX adalah sebuah inisiatif yang dibentuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyediakan vaksin covid-19 ke negara-negara berkembang dan kurang mampu.
 
"Merasa terhormat telah terpilih sebagai Ketua Bersama COVAX AMC Engagement Group hari ini di Jenewa," tulis Menteri Luar Negeri Retno Marsudi via Twitter.
 
"Terima kasih atas dukungannya. (Indonesia) menerima suara tertinggi dari negara-negara anggota. Ini merupakan refleksi kepercayaan terhadap kepemimpinan Indonesia dalam mendorong kerja sama internasional di tengah (pandemi) Covid-19," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu Retno ingin segera melanjutkan upaya bersama dengan semua anggota COVAX AMC Engagement Group, yang terdiri dari Gavi COVAX AMC, grup pendonor, and para pemangku kepentingan lainnya.
 
Melalui upaya bersama dalam COVAX AMC Engagement Group, Indonesia ingin memastikan "akses setara vaksin bagi semua negara, terutama negara berkembang dan kurang berkembang."
 
Sejak awal pandemi, Indonesia terus menyuarakan akses setara vaksin covid-19 bagi semua negara tanpa terkecuali. Dalam sebuah pernyataan Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa "tidak ada orang yang aman (dari covid-19) sebelum semua orang aman."
 
Mengenai vaksin covid-19, Indonesia telah menerima distribusi vaksin dari perusahaan asal Tiongkok, Sinovac. Distribusi tahap ketiga ke Indonesia yang melibatkan 15 juta vaksin Sinovac telah berlangsung Selasa kemarin.
 
Baca:  Vaksin Covid-19 Tahap 3 Tiba di Jakarta
 
Program vaksinasi dimulai hari ini, dengan Presiden Joko Widodo sebagai orang pertama yang menerima suntikan vaksin covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif