Seorang petugas keamanan bersiaga di luar area Gedung Putih di Washington, AS. (AFP)
Seorang petugas keamanan bersiaga di luar area Gedung Putih di Washington, AS. (AFP)

Trump Siapkan Acara Kampanye di Halaman Gedung Putih

Internasional amerika serikat Virus Korona donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 10 Oktober 2020 08:09
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana menjamu sekitar 2.000 orang di halaman selatan Gedung Putih pada Sabtu, 10 Oktober 2020. Jika terlaksana, maka acara ini akan menjadi yang pertama dihadiri secara langsung oleh Trump sejak dirinya didiagnosis positif virus korona (covid-19).
 
Tim kampanye juga mengatakan bahwa Trump akan menggelar sebuah acara kampanye di Florida pada Senin mendatang.
 
Menurut keterangan seorang pejabat AS, Trump nantinya akan berpidato dari salah satu balkon di Gedung Putih. Lebih dari 2.000 surat undangan dikabarkan telah disebar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kabar mengenai rencana kampanye terbaru ini, yang pertama kali dilaporkan ABC News, melanjutkan langkah Trump yang sering menggunakan Gedung Putih untuk acara-acara politik. Agustus lalu, Trump juga pernah berpidato terkait Konvensi Nasional Partai Republik di Gedung Putih.
 
Sejumlah staf Gedung Putih dan personel tim kampanye Trump khawatir acara pada Sabtu nanti akan semakin mempertajam kritik terhadap Trump seputar covid-19. Selama ini, Trump dipandang sebagai tokoh yang seolah meremehkan keseriusan covid-19, yang saat ini telah menewaskan lebih dari 210 ribu warga AS.
 
Dikutip dari New York Times, acara terbaru akan digelar dua pekan usai pengumuman nominasi hakim Mahkamah Agung Amy Coney Barrett oleh Trump di Gedung Putih. Sejumlah pihak di AS menduga nominasi Barrett merupakan acara yang membuat banyak orang terinfeksi covid-19, termasuk Trump, Ibu Negara Melania Trump, dan puluhan orang lainnya.
 
Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular di AS, mengatakna kepada CBS News Radio bahwa "ada peristiwa superspreader di Gedung Putih." Ia mengatakan acara itu dihadiri banyak orang yang tidak memakai masker dan cenderung mengabaikan aturan menjaga jarak sosial (social distancing).
 
Seorang individu yang mengetahui rencana kampanye di Gedung Putih mengatakan, semua tamu nantinya diwajibkan membawa dan memakai masker. Mereka juga harus menjalani pemeriksaan temperatur tubuh dan mengisi sebuah kuesioner.
 
Trump juga berencana kembali ke rangkaian kampanye, meski sejumlah pakar khawatir hal tersebut dapat meningkatkan risiko kesehatan terhadap dirinya dan orang lain. Tim kampanye mengumumkan bahwa Trump akan berpidato dalam acara "Make America Great Again" di Bandara Internasional Orlando Sanford pada Senin, 12 Oktober.
 
Semua pengunjung acara kampanye di Florida itu harus menandatangani perjanjian yang menyebutkan bahwa "Anda secara sukarelawa mengetahui semua risiko terkait covid-19."
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif