Presiden AS Joe Biden (Foto:AFP)
Presiden AS Joe Biden (Foto:AFP)

Trudeau Akan Menjadi Pemimpin Dunia Pertama yang Dihubungi Biden

Internasional amerika serikat joe biden
Wahyu Dwi Anggoro • 21 Januari 2021 12:01
Washington: Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki mengumumkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan berbicara melalui telepon dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Jumat. Trudeau akan menjadi pemimpin dunia pertama yang dihubungi Biden.
 
"Pemimpin dunia pertama yang akan dihubungi Biden adalah Perdana Menteri Trudeau pada Jumat," ucap Psaki, seperti dikutip CBC, Rabu 20 Januari 2021.
 
Psaki mengumumkan rencana tersebut dalam konferensi pers pertamanya. Dia menjelaskan kedua pemimpin akan membahas isu-isu bilateral. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Psaki, Biden akan menjelaskan secara langsung keputusannya untuk mencabut izin proyek pipa minyak Keystone XL. Sebelumnya, Trudeau mengatakan pemerintah Kanada kecewa dengan keputusuan Biden tersebut. 
 
Psaki menjelaskan Biden berencana untuk melakukan pembicaraan dengan sekutu-sekutu AS. Dia ingin membangun kembali pamor AS di dunia international yang menurun pada masa kepemimpinan pendahulunya, Donald Trump.
 
"Dia pertama-tama akan menghubungi mitra dan sekutu kita. Dia ingin memperbaiki hubungan AS dengan mereka. Dia merasa hubungan AS dengan sekutunya penting untuk menghadapi tantangan ke depan," ujar Psaki.
 
Sebelum memulai konferensi pers, Psaki mengatakan kepada wartawan Gedung Putih bahwa dia sangat menghormati peran pers yang bebas dan independen dalam sistem demokrasi. Untuk menjaga akuntabilitas pemerintahan, Psaki berjanji akan bersikap transparan ketika berinteraksi dengan awak media. 

 
(WAH)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif