Warga memakai masker saat beraktivitas di kota London, Inggris. (AFP)
Warga memakai masker saat beraktivitas di kota London, Inggris. (AFP)

Lockdown Nasional Inggris Diperkuat Undang-Undang

Internasional Virus Korona inggris boris johnson covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 06 Januari 2021 11:54
London: Kebijakan penguncian (lockdown) berskala nasional ketiga di Inggris secara resmi berkekuatan hukum karena dilengkapi dengan undang-undang pada Rabu, 6 Januari 2021. Pemungutan suara di parlemen Inggris mengenai UU ini akan dilakukan belakangan.
 
Lockdown ketiga, yang meliputi perintah diam di rumah (stay-at-home) dan penutupan sekolah, telah diumumkan Perdana Menteri Boris Johnson pada Senin kemarin.
 
Dilansir dari laman BBC, keseluruhan Inggris kini berada di bawah pembatasan virus korona (covid-19). Wales, Irlandia Utara, dan sebagian besar Skotlandia juga terkena kebijakan lockdown.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lockdown ketiga diterapkan setelah jumlah kasus harian covid-19 di seantero Inggris melampaui 60 ribu untuk kali pertama. Pekan kemarin, otoritas kesehatan mengestimasi bahwa satu dari 50 orang di Inggris telah terjangkit covid-19. Untuk London, angkanya 1 dari 30 orang.
 
Baca:  Inggris Terapkan Lockdown Baru, Berlaku Hingga Februari
 
Data dari Badan Statistik Nasional Inggris juga menyebutkan bahwa lebih dari satu juta orang di Inggris terjangkit covid-19 antara tanggal 27 Desember dan 2 Januari.
 
Dalam sebuah konferensi pers di Downing Street pada Selasa kemarin, PM Johnson mengaku "tidak memiliki pilihan lain" selain menerapkan lockdown. Ia mengatakan bahwa jumlah pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit kini telah meningkat 40 persen dari masa-masa puncak pandemi.
 
PM Johnson tidak dapat menjamin anak-anak bisa kembali bersekolah sebelum liburan musim panas. Namun ia optimistis situasi akan membaik pada musim semi.
 
Nantinya para anggota parlemen Inggris akan melakukan pemungutan suara terhadap UU lockdown. Sebelum pemungutan suara, PM Johnson akan terlebih dahulu menginformasikan poin-poin utama dari UU.
 
Di bahwa UU terbaru, masyarakat Inggris hanya bisa keluar rumah untuk keperluan esensial. Sementara aktivitas olahraga di luar ruangan hanya diizinkan satu kali dalam sehari.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif