Presiden AS Joe Biden berencana ke Jepang dan Korsel bulan depan./AFP
Presiden AS Joe Biden berencana ke Jepang dan Korsel bulan depan./AFP

Bahas Tiongkok, Biden akan Kunjungi Korsel dan Jepang Bulan Depan

Internasional Amerika Serikat jepang korea utara korea selatan Tiongkok joe biden
Marcheilla Ariesta • 28 April 2022 09:17
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pada Mei mendatang. Gedung Putih mengumumkan, kunjungan ini dilakukan di tengah ketegangan dengan Tiongkok dan Korea Utara.
 
"Selama perjalanan 20-24 Mei, Presiden Biden akan bertemu dengan para pemimpin kedua negara, dengan tujuan memajukan komitmen kuat pemerintahan untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka untuk aliansi perjanjian AS dengan Republik Korea dan Jepang," tutur Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 28 April 2022.
 
Di Tokyo, Biden juga akan bertemu dengan para pemimpin kelompok Quad yang juga mencakup Australia, Jepang dan India. Kelompok ini dipandang sebagai benteng melawan Tiongkok yang semakin tegas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintahan Biden telah berulang kali mencirikan kawasan Asia-Pasifik, dan khususnya kebangkitan komunis Tiongkok, sebagai masalah strategis nomor satu bagi Amerika Serikat.
 
Tiongkok dan Amerika Serikat, dua ekonomi terbesar dunia, berselisih soal perdagangan, hak asasi manusia. Biden kerap menggambarkannya sebagai perjuangan yang menentukan di abad ke-21 antara otokrasi dan demokrasi dunia.
 
Baca juga: Terima Undangan PM Bennett, Biden akan Kunjungi Israel
 
Kunjungan itu juga dilakukan setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un melakukan uji coba sejumlah senjata terlarang tahun ini. Washington menganggap, Kim mengabaikan tawaran pembicaraan AS dan berjanji untuk mempercepat program nuklirnya.
 
"Selama pertemuan bilateral Biden dengan Presiden Korea Selatan yang baru terpilih Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Kishida Fumio, Presiden akan membahas peluang untuk memperdalam hubungan keamanan vital kami, meningkatkan hubungan ekonomi, dan memperluas kerja sama erat kami untuk memberikan hasil praktis," kata Psaki.
 
Kunjungan tersebut dilakukan setelah KTT Khusus AS-ASEAN. Para pemimpin negara Asia Tenggara akan bertemu dengan Biden di Washington dari 12 hingga 13 Mei mendatang.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif