Direktur WHO cabang Eropa Hans Kluge. (AFP)
Direktur WHO cabang Eropa Hans Kluge. (AFP)

WHO: Eropa Mungkin Tengah Menuju Masa Akhir Pandemi

Internasional WHO covid-19 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 24 Januari 2022 08:32
Jenewa: Varian Omicron telah mendorong pandemi Covid-19 menuju fase baru di berbagai belahan dunia. Untuk benua Eropa, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), situasi pandemi mungkin sedang bergerak menuju fase akhir.
 
"Mungkin kawasan ini sedang bergerak menuju masa akhir pandemi," kata Direktur WHO Eropa Hans Kluge kepada AFP, yang memprediksi Omicron dapat menginfeksi 60 persen masyarakat Eropa pada Maret tahun ini.
 
Saat lonjakan Omicron di Eropa mulai menurun, lanjut Kluge, "akan ada semacam periode imunitas selama beberapa pekan atau bulan, yang mungkin diakibatkan laju vaksinasi atau imunitas tubuh dari mereka yang sudah pernah terinfeksi."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengantisipasi akan adanya periode tenang, sebelum nantinya Covid-19 mungkin muncul lagi di akhir tahun," tutur Kluge, dilansir dari India Today, Senin, 24 Januari 2022.
 
Baca:  WHO: Dalam 2 Bulan, 50 Persen Populasi Eropa Diperkirakan Terinfeksi Omicron
 
Penasihat kesehatan Gedung Putih, Dr Anthony Fauci, juga mengekspresikan optimisme serupa pada hari Minggu kemarin. Ia mengatakan kepada ABC News bahwa kasus harian Covid-19 "menurun tajam" di beberapa wilayah Amerika Serikat.
 
Meski menyerukan kewaspadaan, Fauci mengatakan jika tren penurunan infeksi harian ini berlanjut, "saya yakin Anda semua akan melihat perkembangan drastis di seantero negeri."
 
Pekan kemarin, kantor WHO cabang Afrika juga mengatakan bahwa kasus dan kematian harian Covid-19 terus menurun untuk kali pertama sejak kemunculan Omicron.
 
Varian Omicron, yang lebih menular ketimbang Delta, meningkatkan harapan sejumlah pihak bahwa Covid-19 sudah mulai beralih dari era pandemi menuju endemi. Ini dikarenakan Omicron, meski lebih menular, cenderung tidak memicu gejala-gejala berat seperti Delta.
 
Kendati begitu, Kluge menyerukan semua pihak untuk tidak terlalu cepat dalam menganggap Covid-19 sebagai endemi.
 
"Karena Omicron sudah menyebar dengan begitu luas, varian-varian lain masih berpotensi muncul," seru Kluge.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif