Sekelompok pemuda memakai masker saat bersantai di sebuah kafe di Bratislava, Slovakia pada 6 Mei 2020. (AFP)
Sekelompok pemuda memakai masker saat bersantai di sebuah kafe di Bratislava, Slovakia pada 6 Mei 2020. (AFP)

Slovakia Gelar Tes Covid-19 Berskala Nasional

Internasional Virus Korona Slovakia covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 31 Oktober 2020 12:00
Bratislava: Slovakia memulai tes virus korona (covid-19) berskala nasional untuk warga berusia di atas 10 tahun pada Sabtu, 31 Oktober 2020. Tes nasional untuk empat juta warga ini dijadwalkan berlangsung selama dua pekan.
 
Infeksi harian covid-19 di Slovakia melonjak dalam beberapa pekan terakhir, sama seperti sejumlah negara lain di Eropa. Sejumlah pejabat Slovakia menilai, alternatif lain selain tes nasional adalah penerapan kebijakan penguncian (lockdown).
 
Presiden Slovakia Zuzana Caputova justru menyerukan agar tes nasional ditunda sementara, usai jajaran perwira militer mengatakan tidak ada cukup tenaga medis terlatih untuk mengeksekusi program tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Slovakia, dilansir dari BBC, sejauh ini baru ada 70 persen dari 20 ribu staf medis yang diperlukan untuk menjalankan program tes nasional covid-19.
 
Slovakia mencatat 3.363 infeksi covid-19 pada Kamis kemarin, yang menjadikan totalnya mencapai 55.091 sejak Maret lalu. Sejauh ini kematian akibat covid-19 di Slovakia telah mencapai 212.
 
Sejak Sabtu pagi, prajurit dan tenaga medis disebar ke seantero Slovakia, mulai dari Petrzalka di ibu kota Bratislava hingga ke desa-desa kecil di Pegunungan Tatra dan sejumlah kota di sepanjang dataran Danube.
 
Program ini bertujuan melakukan tes covid-19 ke hampir empat per lima dari total populasi Slovakia dengan menggunakan metode rapid antigen. Hasil tes ini akan diberikan dalam sebuah amplop tertutup dalam waktu 15 menit.
 
"Ini adalah operasi logistik terbesar militer sejak Slovakia merdeka," kata Menteri Pertahanan Jaro Nad.
 
Republik Ceko, dengan total populasi dua kali lipat Slovakia, mencatat 13.051 infeksi covid-19 pada Kamis kemarin, yang menjadikan angkanya mencapai 310.068. Sekitar 2.862 orang di Republik Ceko telah meninggal akibat covid-19, dan rata-rata kematiannya dalam dua pekan terakhir merupakan yang tertinggi di Uni Eropa.
 
Baca:Gelombang Kedua Covid-19 Hantam Belahan Bumi Utara
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif