Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. (AFP)
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu. (AFP)

Turki Tunda KTT Perdamaian Afghanistan di Istanbul

Internasional konflik afghanistan afghanistan turki taliban afghanistan
Willy Haryono • 21 April 2021 12:45
Istanbul: Turki menunda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perdamaian Afghanistan di Istanbul karena adanya penolakan dari kelompok Taliban. Sebelumnya, Taliban menegaskan tidak akan hadir dalam KTT apapun hingga semua pasukan asing keluar dari Afghanistan.
 
"Kami telah berkonsultasi dengan Qatar, Amerika Serikat, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Kami memutuskan menundanya setelah Ramadan dan Idulfitri," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, dikutip dari laman Al Jazeera pada Rabu, 21 April 2021.
 
Ia menambahkan tidak ada urgensi untuk menggelar KTT Perdamaian Afghanistan secara terburu-buru setelah AS memutuskan akan menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan pada 11 September mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  AS akan Tarik Pasukan dari Afghanistan pada 11 September
 
KTT Perdamaian Afghanistan, yang dinilai sejumlah pihak sebagai pertemuan penting dalam mendorong diakhirinya konflik, dijadwalkan berlangsung dari tanggal 24 April hingga 4 Mei.
 
Namun karena Taliban tidak bersedia datang, Turki memutuskan menundanya. Ankara belum mengumumkan tanggal baru mengenai KTT ini.
 
"Konferensi tidak akan bermakna tanpa kehadiran Taliban. Saat ini, kami memutuskan menundanya karena tidak ada kejelasan mengenai formasi dan partisipasi para delegasi," tutur Cavusoglu.
 
"Tujuan KTT ini bukanlah menyaingi pertemuan di Doha, namun untuk berkontribusi terhadap proses (perdamaian Afghanistan). Pertemuan di Istanbul akan digelar bersama-sama oleh Turki, Qatar, dan PBB," sambungnya. Doha yang disebut Cavusoglu merujuk pada dialog damai konflik Afghanistan di ibu kota Qatar.
 
Sementara itu di Afghanistan, seorang pejabat senior mengatakan bahwa KTT di Istanbul "tidak akan berlangsung sesuai jadwal karena Taliban menolak hadir."
 
Juru bicara Taliban, Mohammad Naeem, mengaku belum menerima informasi mengenai penundaan serta penetapan tanggal baru untuk KTT di Istanbul. Jubir pemerintahan Afghanistan juga menolak berkomentar.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif