PM Australia Scott Morrison menyampaikan pidato secara virtual di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB di New York, AS, 24 September 2021. (POOL / Getty / AFP)
PM Australia Scott Morrison menyampaikan pidato secara virtual di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB di New York, AS, 24 September 2021. (POOL / Getty / AFP)

Australia Minta PBB Selidiki Covid-19 Demi Cegah Pandemi Berikutnya

Internasional pbb Australia pandemi covid-19 Scott Morrison Sidang Majelis Umum PBB 2021
Willy Haryono • 25 September 2021 09:26
New York: Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyerukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk melakukan kajian dan penyelidikan independen seputar Covid-19. Menurutnya, kajian mendalam terhadap Covid-19 diperlukan untuk mencegah pandemi lain di masa mendatang.
 
"Australia memandang perlunya pemahaman penyebab pandemi ini bukan atas dasar politik, tapi sebagai sesuatu yang esensial," tutur PM Morrison dalam pidato di Sidang Majelis Umum PBB yang disampaikan secara virtual.
 
Selama ini, seruan Australia agar Covid-19 diselidiki secara mendalam telah memperburuk hubungannya dengan Tiongkok, negara tempat pertama munculnya Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita perlu tahu (asal-usul Covid-19) sehingga kita dapat mencegah munculnya bencana seperti ini lagi di masa mendatang. Hanya itulah motivasi kami," lanjut PM Morrison, dilansir dari laman Anadolu Agency, Sabtu, 25 September 2021.
 
Baca:  Peneliti Tiongkok: Covid-19 Kemungkinan Beredar di AS Sejak September 2019
 
Hubungan Australia-Tiongkok merosot drastis dalam dua tahun terakhir. Selain soal Covid-19, kedua negara juga bersitegang karena Australia bergabung dengan aliansi Quad bersama Jepang dan India di bawah kepemimpinan Amerika Serikat.
 
Quad dipandang Tiongkok sebagai aliansi keamanan untuk menghadapi pengaruh ekonomi dan militer Beijin di kawasan Asia Pasifik.
 
"Kita harus mencegah pandemi di masa mendatang, dan Australia mendukung seruan terhadap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang lebih kuat dan independen dengan kekuatan pengawasan dan respons yang lebih baik lagi," tutur PM Morrison.
 
"Dan kita juga perlu meningkatkan upaya untuk mengidentifikasi asal mula munculnya Covid-19," sambung dia.
 
Menurut PM Morrison, pandemi Covid-19 telah menggarisbawahi pentingnya kerja sama serta koordinasi antar negara-negara global. Ia menambahkan, kerja sama ini harus didasari "rasa saling menghormati yang mendukung stabilitas dan keamanan" di kawasan dan kancah global.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif