Grafik guncangan gempa bumi yang diperlihatkan alat seismograf. (AFP)
Grafik guncangan gempa bumi yang diperlihatkan alat seismograf. (AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang San Juan Argentina

Internasional gempa Gempa Bumi argentina
Willy Haryono • 19 Januari 2021 10:44
San Juan: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang provinsi San Juan, Argentina. Kabar disampaikan Pusat Seismologi Mediterania-Eropa (EMSC) pada Senin, 18 Januari.
 
Sementara menurut data Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), episentrum gempa berlokasi sekitar 36 kilometer dari Posito di San Juan, dengan kedalaman mencapai 11 km.
 
Dikutip dari laman Sputnik pada Selasa, 19 Januari 2021, sejumlah warga Argentina yang merasakan gempa, menceritakan pengalaman mereka di media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Baru saja ada gempa di San Juan. Dinding rumah saya bergetar, bingkai foto bergoyang, dan beberapa pintu juga terbuka akibat guncangan. Cukup menakutkan, tapi saya baik-baik saja," kata pemilik akun @BlackLanternHC di Twitter.
 
Seorang pengguna akun lainnya di Twitter, @RochexRB27, mengunggah sebuah video yang memperlihatkan lampu rumahnya yang bergoyang cukup kencang akibat gempa.
 
Berdasarkan skala penghitungan Richter, gempa dengan kekuatan mulai dari skala 6,0 masuk kategori guncangan moderat yang dapat memicu kerusakan, terutama terhadap infrastruktur yang konstruksinya cenderung rapuh.
 
Pekan kemarin, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang wilayah pegunungan Andes di Argentina. Menurut laporan Pusat Riset Geosains Jerman (GFZ), gempa kuat tersebut melanda provinsi Salta.
 
Baca:  Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Argentina
 
Desember tahun lalu, gempa besar magnitudo 6,8 mengguncang lepas pantai Chile. Kuatnya guncangan bahkan terasa hingga ke beberapa negara tetangga, termasuk Argentina.
 
Pada 2017, gempa kuat dengan magnitudo 6,9 mengguncang lepas pantai barat Chile. Guncangan sempat memicu peringatan bahaya di sepanjang Pantai Pasifik, namun tidak menyebabkan kerusakan serius.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif