Presiden Vladimir Putin (kanan) dan Presiden AS Donald Trump (kiri) mendengarkan pernyataan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam KTT G20 pada Sabtu, 21 November 2020. (AFP)
Presiden Vladimir Putin (kanan) dan Presiden AS Donald Trump (kiri) mendengarkan pernyataan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam KTT G20 pada Sabtu, 21 November 2020. (AFP)

Putin Sebut Kemiskinan dan Pengangguran Risiko Global Terbesar

Internasional Virus Korona KTT G20 ktt g-20 pandemi covid-19 vaksin covid-19
Willy Haryono • 22 November 2020 18:04
Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut kemiskinan dan pengangguran massal yang dipicu pandemi virus korona (covid-19) merupakan risiko global terbesar. Berbicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 secara virtual, Putin mengatakan pandemi covid-19 telah memicu krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak peristiwa Great Depression.
 
Putin menekankan bahwa G20 sedang bersama-sama mengumpulkan paket insentif ekonomi anti-krisis senilai USD12 triliun (setara Rp170 kuadriliun) untuk membantu negara-negara berkembang melewati pandemi covid-19 saat ini.
 
Ia juga memperingatkan mengenai risiko devaluasi mata uang nasional dan meningkatnya penanganan utang publik, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya rasa langkah-langkah tambahan dibutuhkan untuk mencegah memburuknya situasi saat ini, serta demi mencegah berkembangnya ketidaksetaraan di bidang ekonomi dan sosial," ujar Putin, dikutip dari laman Yeni Safak pada Minggu, 22 November 2020.
 
Orang nomor satu di Rusia itu juga menyarankan adanya pendekatan bersama untuk mereformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTPO) dalam menghadapi tantangan-tantangan baru di era modern.
 
Mengenai pandemi covid-19, Putin mengatakan bahwa tujuan bersama negara-negara G20 adalah menghadirkan vaksin bagi populasi dunia. Ia mengatakan bahwa Rusia siap menyalurkan vaksin Sputnik V dan juga EpiVacCorona ke semua negara.
 
G20 terdiri dari Jerman, Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Tiongkok, Indonesia, Prancis, Afrika Selatan, Korea Selatan, India, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Turki dan juga Uni Eropa.
 
KTT G20 tahun ini diketuai oleh Arab Saudi, yang berlangsung selama dua hari pada 21-22 November.
 
Baca:Dunia Menanti G20 Atasi Pandemi Covid-19

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif