Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)
Ilustrasi vaksin covid-19. (AFP)

WHO: Pengulangan Booster Bukan Strategi Tepat Melawan Varian Baru Covid-19

Internasional WHO covid-19 vaksin covid-19 Vaksin Booster Omicron Varian Omicron
Marcheilla Ariesta • 12 Januari 2022 14:19
Jenewa: Para ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pengulangan vaksin Covid-19 dosis penguat atau booster bukan strategi tepat dalam melawan varian-varian baru.
 
"Strategi vaksinasi berdasarkan dosis penguat yang berulang dari komposisi vaksin asli tidak tepat dan tidak berkelanjutan," kata Kelompok Penasihat Teknis WHO untuk Komposisi Vaksin Covid-19 (TAG-Co-VAC) dalam keterangannya, dikutip oleh Channel News Asia, Rabu, 12 Januari 2022.
 
Kelompok itu menambahkan, mungkin perusahaan-perusahaan obat perlu memperbarui vaksin mereka, untuk secara spesifik menargetkan varian Covid-19 seperti Omicron. Terdeteksi di Afrika Selatan pada November 2021, Omicron menyebar dengan cepat dan telah terdeteksi di 149 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Vaksin-vaksin Covid-19 yang mampu mencegah infeksi dan penularan, gejala berat dan juga kematian, perlu dan harus dikembangkan," tutur mereka.
 
Pengembangan vaksin Covid-19 yang ada diharapkan dapat membantu menurunkan penularan virus ke masyarakat. Kelompok tersebut juga menyarankan pengembang vaksin untuk terus berusaha menciptakan produk baru yang lebih memberikan perlindungan kuat, agar kebutuhan akan dosis booster berkurang.
 
Menurut data WHO, saat ini ada sekitar 331 kandidat vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia.
 
Sampai ada vaksin-vaksin baru nantinya, kelompok itu mengatakan deretan vaksin yang tersedia saat ini mungkin perlu diperbarui.
 
Hanya beberapa pekan setelah Omicron pertama kali terdeteksi di Afsel, sudah terlihat jelas bahwa varian itu lebih menular daripada varian lainnya. Omicron juga lebih baik dalam menghindari beberapa perlindungan vaksin.
 
Sejauh ini, WHO telah memberikan persetujuan untuk delapan vaksin Covid-19.
 
TAG-Co-VAC menekankan bahwa kedelapan vaksin tersebut memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap gejala parah dan kematian akibat berbagai varian Covid-19.
 
Baca:  3 Alasan Mengapa Mesti Vaksinasi Booster

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif