Gubernur Texas Greg Abbott saat berada di Austin pada 8 Juni 2021. (Montinique Monroe / GETTY / AFP)
Gubernur Texas Greg Abbott saat berada di Austin pada 8 Juni 2021. (Montinique Monroe / GETTY / AFP)

Warga Texas Kini Boleh Bawa Senjata Api Tanpa Izin

Internasional Amerika Serikat penembakan penembakan as
Willy Haryono • 19 Juni 2021 14:04
Texas: Gubernur Texas Greg Abbott telah menandatangani undang-undang yang membolehkan warga membawa senjata api tanpa perlu mengantongi surat izin apapun. Texas bergabung dengan 20 negara bagian lain di Amerika Serikat yang sudah menerapkan kebijakan semacam itu.
 
Abbott menyebut UU yang ditandatanganinya sebagai bagian dari upaya menjadikan Texas sebagai "surga Amandemen Kedua." Lewat aturan baru ini, pembatasan senjata api federal AS tidak berlaku di Texas.
 
Amandemen Kedua merujuk pada salah satu bagian dari konstitusi AS yang mengatur mengenai senjata api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut keterangan di situs pemerintahan Texas, Abbott telah menggelar seremoni penandatanganan UU senjata api pada Kamis kemarin, namun sebenarnya sudah ditandatangani satu hari sebelumnya.
 
Dikutip dari laman rnz.co.nz pada Sabtu, 19 Juni 2021, aturan terbaru di Texas ini akan mulai berlaku pada 1 September mendatang. Penetapan aturan ini merupakan akhir dari perselisihan level nasional antara pendukung dan penentang hak membawa senjata api.
 
Kekerasan senjata api di AS merupakan faktor utama pemicu perselisihan tersebut. Sepanjang 2019, penembakan di AS telah menewaskan 38.707 orang -- jauh lebih tinggi dari statistik negara maju manapun di dunia.
 
Baca:  Tragis! 4 Orang Meninggal dalam Penembakan Massal di Chicago, 4 Luka Serius
 
Matt Schaefer, seorang politikus Partai Republik, menyebut aturan baru di Texas didesain untuk melindungi hak warga AS dalam membawa senjata sesuai dengan Amandemen Kedua.
 
Namun menurut Kevin Lawrence, direktur eksekutif Asosiasi Kepolisian Texas, mengatakan bahwa UU terbaru akan menambah beban kerja petugas di lapangan.
 
"Kami menentang UU ini sejak awal," kata Lawrence. Ia menilai implementasi UU ini pada akhirnya akan jatuh pada polisi, untuk menentukan siapa-siapa saja warga Texas yang boleh dan tidak boleh membawa senjata.
 
"Polisi yang bertugas di jalanan akan sangat terbebani," ucapnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif