Sebuah helikopter penyelamat mengangkut seorang imigran perempuan dan bayinya dari perairan Libya. (Foto: AFP)
Sebuah helikopter penyelamat mengangkut seorang imigran perempuan dan bayinya dari perairan Libya. (Foto: AFP)

Imigran Terjangkit Covid-19 Melahirkan di Helikopter

Internasional imigran gelap Virus Korona
Willy Haryono • 02 September 2020 11:53
Lampedusa: Seorang imigran perempuan yang dinyatakan positif virus korona (covid-19), melahirkan di helikopter saat dirinya diterbangkan menuju rumah sakit dari pusat penampungan di pulau Lampedusa, Italia. Perempuan tidak disebutkan identitasnya itu didiagnosis positif covid-19 saat hendak melahirkan.
 
Dikutip dari laman BBC, Rabu 2 September 2020, perempuan itu merupakan satu dari sejumlah imigran yang ditampung di sebuah pusat penahanan di Lampedusa. Pusat penahanan itu disebut-sebut menampung imigran dalam jumlah yang melebihi kapasitas, bahkan hingga 10 kali lipat.
 
Otoritas Lampedusa memutuskan untuk menerbangkan ibu hamil itu ke sebuah rumah sakit di kota Palermo, agar nantinya ia dapat melahirkan dengan selamat. Namun ia melahirkan di tengah perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, perempuan tersebut masih berada di sebuah rumah sakit di Palermo bersama bayinya.
 
Peristiwa melahirkan di helikopter ini terjadi di tengah perseteruan antara otoritas pulau Sisilia dengan pemerintah pusat. Gubernur Sisilia Nello Musumeci menuding Roma tidak memberikan cukup bantuan dalam menangani kedatangan imigran asal Afrika.
 
Pemerintah Italia mencatat lonjakan jumlah kedatangan imigran sepanjang tahun ini. Selasa kemarin, sebuah kapal penyelamat yang membawa 353 imigran diizinkan mendarat di pulau Sisilia. Izin diberikan usai adanya seruan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.
 
Sementara itu, saat ini ada sebuah kapal tanker yang mengangkut 27 imigran dekat perairan Italia. Kapten kapal meminta agar otoritas Italia mengizinkan mereka berlabuh.
 
Kapal tersebut, Maersk Etienne, menyelamatkan para imigran atas permintaan otoritas Malta pada awal Agustus lalu. Kru kapal mengatakan bahwa 27 imigran tersebut berada dalam kondisi memprihatinkan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif