Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa. (Foto: Carlos Costa/AFP/Getty)
Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa. (Foto: Carlos Costa/AFP/Getty)

Portugal Sebut Covid-19 Tantangan Terbesar dalam 100 Tahun

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 07 April 2020 09:01
Lisbon: Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa menyerukan persatuan nasional dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Ia menyebut virus tersebut sebagai tantangan terbesar dalam 100 tahun terakhir.
 
Dalam sebuah program debat di saluran televisi RTP yang digelar via konferensi video, Marcelo mengatakan bahwa pandemi covid-19 adalah salah satu tantangan terbesar di bidang kesehatan dan juga kehidupan manusia.
 
"Kita telah melalui banyak tantangan sosial, ekonomi, dan keuangan. Tapi (covid-19) ini adalah tantangan terbesar dalam 100 tahun terakhir, dalam faktor ukuran dan juga durasinya," ungkap Marcelo, dilansir dari Xinhua, Selasa 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menekankan pentingnya persatuan nasional dalam menghadapi pandemi covid-19. "(Persatuan nasional) merupakan hal esensial dalam perang menghadapi krisis kesehatan," ungkap sang presiden.
 
Marcelo telah mendeklarasikan status darurat nasional covid-19 pada 18 Maret, dan kini diperpanjang hingga 17 April. Status darurat nasional covid-19 merupakan yang pertama dalam bidang kesehatan di Portugal.
 
Menurut Marcelo, Portugal mungkin membutuhkan empat fase darurat nasional sebelum nantinya dapat mengendalikan covid-19 secara menyeluruh.
 
Senin kemarin, Direktorat Jenderal Kesehatan Portugal (DGS) mengumumkan bahwa covid-19 telah menewaskan 311 orang dan menginfeksi lebih 11.730 di seantero negeri.
 
Perdana Menteri Antonio Costa mengestimasi bulan April sebagai periode paling kritis untuk pandemi covid-19. Sementara otoritas kesehatan Portugal memprediksi puncak pandemi covid-19 akan terjadi pada akhir Mei.
 
Meski demikian, angka rata-rata harian infeksi covid-19 di Portugal terus menurun dalam sepekan terakhir, yang mengindikasikan bahwa sejumlah kebijakan pemerintah berjalan efektif.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif