Ilustrasi topan badai. (Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Medcom.id)

Badai Tropis Beta Tiba di Pesisir Texas

Internasional amerika serikat topan badai
Willy Haryono • 22 September 2020 12:56
Texas: Badai Tropis Beta tiba di pesisir atas Texas, Amerika Serikat, pada Senin 21 September malam waktu setempat. Menurut keterangan Pusat Badai Nasional AS (NHC), Beta mendarat sekitar 8 kilometer dari utara Port O'Connor, dengan kecepatan putaran angin hingga 72 kilometer per jam.
 
Dikutip dari Global News, Selasa 22 September 2020, Beta merupakan badai kesembilan yang tiba di benua AS sepanjang 2020. Menurut Colorado State University, angka tersebut sudah menyamai rekor di tahun 1916.
 
Ini merupakan kali pertama salah satu kata dalam bahasa Yunani, Beta, dijadikan nama badai yang menerjang AS. Hal terbesar yang belum diketahui dari Beta adalah seberapa intens curah hujan yang dibawanya di beberapa daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Curah hujan) ini mungkin masih menjadi salah satu bagian yang paling belum dapat dipastikan," kata Dan Reilly, seorang pakar meteorologi dari Badan Cuaca Nasional (NWS) di Houston-Galveston.
 
Prediksi sebelumnya menyebutkan Beta dapat memicu curah hujan dengan intensitas hingga 38 sentimeter di beberapa area di Texas. Hujan deras sudah turun di Houston, dan beberapa area pesisir Texas pada Senin kemarin sebelum kedatangan Beta.
 
Otoritas AS memastikan kepada warga Texas bahwa Beta tidak akan menjadi memicu kerusakan parah seperti yang diakibatkan Badai Harvey atau Imelda.
 
Pada 2017, Harvey memicu curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir di Houston. Sementara Imelda, yang menghantam Texas bagian tenggara tahun lalu, merupakan salah satu badai "terbasah" dalam sejarah AS.
 
Dari Texas, Beta diperkirakan akan terus bergerak ke Louisiana pada pertengahan pekan ini. Beta diperkirakan dapat memicu terjadinya banjir bandang di Arkansas dan Mississippi.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif