Tim medis di rumah sakit Houston, Texas menggunakan penutup wajah. Foto: AFP
Tim medis di rumah sakit Houston, Texas menggunakan penutup wajah. Foto: AFP

Texas Baru Mewajibkan Penggunaan Masker Cegah Covid-19

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 03 Juli 2020 15:54
Houston: Gubernur Texas Greg Abbott pada Kamis 2 Juli 2020 mengeluarkan perintah eksekutif yang mengharuskan penggunaan penutup wajah atau masker di ruang publik. Perintah dikeluarkan ketika negara bagian Amerika Serikat (AS) itu mencatat jumlah infeksi virus korona yang tinggi.
 
Perintah itu, yang dikeluarkan menjelang liburan Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli, berlaku untuk 20 wilayah atau lebih yang terinfeksi covid-19. Gubernur Abbott juga melarang pertemuan lebih dari 10 orang, dan memberi mandat untuk menjaga jarak dua meter.
 
"Kami memiliki kemampuan untuk menjaga bisnis tetap terbuka dan memajukan perekonomian kami sehingga warga Texas dapat terus mendapatkan gaji, tetapi itu mengharuskan kita masing-masing untuk melakukan bagian kita untuk melindungi satu sama lain. Iitu berarti mengenakan penutup wajah di ruang publik," tegas Gubernur Abbott, seperti dikutip AFP, Jumat 3 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Membatasi jumlah orang dalam kelompok akan memperkuat kemampuan Texas untuk melindungi diri dari virus dan tentunya menjaga Texas tetap aman," imbuh Abbott.
 
Perintah Abbott datang setelah situasi di Houston, kota terbesar keempat di Amerika, menurun tajam dalam dua minggu terakhir.
 
Texas pada Rabu melaporkan rekor 8.076 kasus virus xorona dalam 24 jam, 1.000 lebih dari rekor tertinggi sehari sebelumnya. Secara keseluruhan, Texas telah mencatat lebih dari 175.000 kasus virus korona.
 
Data Universitas Johns Hopkins pada Jumat 3 Juli melaporkan kasus infeksi covid-19 di AS telah mencapai 2.739.879 dengan korban meninggal 128.740 jiwa. Namun pasien sembuh dari covid-19 mencapai 781.970 orang.
 
Perintah Abbott datang ketika banyak pejabat dari Partai Republik, yang awalnya abai tentang pentingnya mengenakan masker, mulai secara terbuka menyerukan penutup wajah ketika Amerika Serikat melihat melonjaknya jumlah infeksi baru.

 

(FJR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif