Salah satu kapal induk AS, USS Theodore Roosevelt. (Foto: Anthony J. RIVERA Navy Office of Information/AFP/File)
Salah satu kapal induk AS, USS Theodore Roosevelt. (Foto: Anthony J. RIVERA Navy Office of Information/AFP/File)

36 Pelaut di Kapal Induk AS Positif Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 28 Maret 2020 19:02
Washington: Sedikitnya 36 pelaut di kapal induk Amerika Serikat USS Theodore Roosevelt dinyatakan positif mengidap virus korona (covid-19), Jumat 27 Maret. Angkatan Laut AS memprediksi angka tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya tes covid-19 terhadap 5.000 kru kapal USS Theodore Roosevelt.
 
Dikutip dari ABC News, Sabtu 28 Maret 2020, USS Theodore Roosevelt telah tiba di Guam sesuai jadwal semula. Berlabuhnya kapal tersebut akan mempermudah jalannya pemeriksaan.
 
Sebelumnya pada pekan ini, Angkatan Laut AS mengumumkan bahwa tiga pelaut di sebuah kapal induk telah dinyatakan positif terjangkit covid-19. Pengumuman menandai kali pertamanya covid-19 muncul di sebuah kapal Angkatan Laut AS di tengah laut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat USS Theodore Roosevelt tiba di Guam pada Jumat kemarin, jumlah kasusnya bertambah menjadi 25, dan terus meningkat hingga 36. Angkatan Laut AS meyakini jumlah kasus akan terus bertambah karena ribuan kru beraktivitas di lorong-lorong sempit, yang membuat kebijakan menjaga jarak fisik (physical distancing) hampir mustahil untuk dilakukan.
 
Jenderal John Hyten, wakil ketua Staf Gabungan Militer AS, mengatakan kepada awak media bahwa tes covid-19 kepada seluruh kru USS Theodore Roosevelt diestimasi memakan waktu satu pekan.
 
"Kami merespons ancaman ini dengan sangat serius, dan bekerja cepat untuk mengidentifikasi dan mengisolasi kasus-kasus positif sembari mencegah penyebaran lebih lanjut," tutur Laksamana Mike Gilday, ketua operasi angkatan laut AS.
 
"Sejauh ini, tidak ada satu pun pelaut yang dirawat di rumah sakit atau mengalami gejala-gejala serius," tambahnya.
 
Kamis kemarin, AS meloncati Tiongkok dan Italia sebagai negara dengan jumlah kasus terbanyak covid-19. Saat ini, total kasus covid-19 di Negeri Paman Sam telah melampaui 100 ribu, dengan mayoritas berada di negara bagian New York.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif