Pedro Castillo dilantik sebagai Presiden Peru. Foto: AFP
Pedro Castillo dilantik sebagai Presiden Peru. Foto: AFP

Pedro Castillo, Presiden Rakyat Miskin Peru Resmi Dilantik

Internasional politik peru peru
Fajar Nugraha • 29 Juli 2021 08:15
Lima: Pedro Castillo tokoh sayap kiri dilantik sebagai Presiden kelima Peru dalam tiga tahun pada Rabu 28 Juli 2021 waktu setempat. Dia dilantik pada peringatan 200 tahun kemerdekaan negara itu, menjanjikan diakhirinya korupsi dan konstitusi baru.
 
Guru sekolah pedesaan berusia 51 tahun, bersumpah untuk melawan pemerintahan neo-liberal yang sudah menguasai selama seperempat abad. Dia memasuki pekerjaan dengan daftar tugas yang panjang: menjinakkan pandemi covid-19 mengaktifkan kembali ekonomi yang lesu, dan mengakhiri tahun kekacauan politik.
 
“Saya bersumpah demi Tuhan, demi keluarga saya, oleh para petani, oleh masyarakat adat, oleh para ronderos (patroli tani), para nelayan, para profesional, anak-anak, remaja, bahwa saya akan menjalankan jabatan presiden republik,” kata Castillo di hadapan Kongres, seperti dikutip AFP, Kamis 29 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bersumpah demi rakyat Peru untuk negara tanpa korupsi dan konstitusi baru," katanya, kembali ke janji kampanye untuk mengubah konstitusi ramah pasar bebas Peru.
 
Piagam yang ada, diundangkan pada 1993, adalah peninggalan mantan Presiden Alberto Fujimori, yang menjalani hukuman penjara karena korupsi dan kejahatan terhadap kemanusiaan.
 
Castillo dinyatakan sebagai pemenang pada 19 Juli, lebih dari enam minggu setelah perlombaan putaran kedua melawan saingan populis sayap kanan Keiko Fujimori. Keiko sempat melontarkan tuduhan kecurangan pemilihan yang kemudian harus ditinjau oleh juri pemilihan.
 
Pelantikan Rabu dihadiri oleh Raja Spanyol Felipe VI, lima pemimpin Amerika Latin, mantan presiden Bolivia Evo Morales, dan menteri pendidikan Amerika Serikat.
 
Sekitar 10.000 petugas polisi telah dikerahkan di ibu kota Lima, yang juga akan menjadi tuan rumah parade militer pada hari Jumat.

Kesepakatan baru dengan investor

“Ini adalah pertama kalinya negara ini akan diperintah oleh seorang petani,” kata Castillo kepada para tamu pada Rabu, mengenakan ciri khasnya topi sombrero putih tradisional dan setelan khas Andes hitam.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif