Aktivitas di Bandara Schipol di Amsterdam, Belanda, 16 Oktober 2021. (Evert Elzinga / ANP / AFP)
Aktivitas di Bandara Schipol di Amsterdam, Belanda, 16 Oktober 2021. (Evert Elzinga / ANP / AFP)

Tiba di Belanda dari Afrika Selatan, 13 Orang Positif Omicron

Internasional Belanda afrika selatan WHO covid-19 Varian B.1.1.529 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 29 November 2021 11:02
Amsterdam: Belanda mengonfirmasi kemunculan 13 kasus varian Omicron pada Minggu, 28 November 2021. Mereka adalah bagian dari 61 turis asal Afrika Selatan yang tiba di Bandara Schipol dalam dua penerbangan pekan kemarin.
 
Puluhan pelancong itu datang ke Belanda sebelum diberlakukannya larangan perjalanan terkait Omicron, varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afsel.
 
Total 61 individu tersebut, baik yang terkonfirmasi Omicron maupun varian lain dari Covid-19, langsung diisolasi otoritas Belanda. Dikutip dari huffpost, saat ini sebagian besar dari mereka berada di hotel isolasi dekat Bandara Schipol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Kesehatan Hugo de Jonge telah bertanya kepada institut kesehatan publik Belanda mengenai apakah larangan perjalanan yang berlaku saat ini perlu diperluas ke negara-negara lain selain dari benua Afrika.
 
Mengenai masalah larangan perjalanan ini, ia juga akan berkoordinasi dengan menkes negara-negara Uni Eropa.
 
"Saya rasa langkah semacam ini adalah langkah yang harus dilakukan bersama," ujar de Jonge.
 
Jumat kemarin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan varian B.1.1.529 sebagai "variant of concern" dan melabelinya dengan nama "Omicron."
 
Selain Belanda, beberapa negara lain telah mengonfirmasi kemunculan varian Omicron. Di Jerman, Menkes Bavaria Klaus Holetschek mengonfirmasi dua kemunculan varian Omicron itu. Dua individu itu masuk ke Jerman melalui bandara Munich pada 24 November.
 
Dua kasus varian Omicron juga terkonfirmasi di Australia. Kemenkes New South Wales (NSW) mengatakan bahwa dua individu terinfeksi varian Omicron ini tiba di Sydney dari Afrika Selatan pada Sabtu malam.
 
Kedua individu yang tak disebutkan namanya itu diketahui telah menjalani vaksinasi lengkap dua dosis. Mereka kini sedang menjalani isolasi dengan pengawasan medis.
 
Hari Minggu kemarin, Kanada juga mengonfirmasi dua kasus perdana varian Omicron di Ottawa. Sementara di Prancis, otoritas kesehatan tengah menyelidiki delapan dugaan kasus varian Omicron.
 
Baca: 8 Dugaan Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Prancis
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif