Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP)
Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP)

Vaksin Booster Pfizer-BioNTech Diklaim Mampu Cegah Infeksi Omicron

Internasional vaksin covid-19 Pfizer Vaksin Booster Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 08 Desember 2021 20:39
New York: Vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster merek Pfizer-BioNTech diklaim mampu memberikan perlindungan kuat terhadap ancaman infeksi varian Omicron. Demikian disampaikan perusahaan Pfizer dan BioNTech dalam sebuah pengumuman pada Rabu, 8 Desember 2021.
 
Pfizer-BioNTech mengatakan hasil laboratorium menunjukkan bahwa dosis ketiga vaksin mereka memberikan level antibodi yang sama terhadap Omicron bila dibandingkan dengan varian-varian Covid-19 lainnya.
 
Sampel darah dari mereka yang menerima dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech memperlihatkan penurunan antibodi hingga 25 kali lipat jika dihadapkan pada Omicron. Ini mengindikasikan bahwa dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech saja tidak cukup untuk melawan Omicron atau varian B.1.1.529.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Omicron adalah varian Covid-19 dengan jumlah mutasi yang cukup banyak. Varian itu pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, dan kini sudah menyebar ke lebih dari 50 negara. Jajaran ilmuwan di banyak negara beramai-ramai meneliti varian tersebut, termasuk mengenai tingkat penularan serta apakah masih dapat dihalau dengan vaksin-vaksin Covid-19 yang ada saat ini.
 
Dikutip dari NBC News, Rabu, 8 Desember 2021, Pfizer-BioNTech mengatakan bahwa hasil yang diumumkan sejauh ini masih berada di fase awal. Pfizer-BioNTech mengonfirmasi bahwa data penuh seputar vaksin mereka terhadap Omicron belum tersedia secara luas.
 
Hasil penelitian laboratorium dari Pfizer-BioNTech terkait Omicron ini merupakan yang pertama di kalangan perusahaan pembuat vaksin Covid-19.
 
Selasa kemarin, sebuah institut riset di Afsel juga merilis hasil lab yang memperlihatkan efektivitas vaksin Pfizer-BioNTech terhadap Omicron. Hasil lab mereka memperlihatkan bahwa antibodi dari vaksin Pfizer-BioNTech turun 40 kali lipat jika dihadapkan pada Omicron. Studi tersebut tidak meliputi pemberian vaksin booster Pfizer-BioNTech.
 
Baca:  Peneliti Afsel Sebut Varian Omicron Mampu Hindari Perlindungan Vaksin Pfizer
 
Pada 25 November, sejumlah perusahaan vaksin berusaha membuat produk baru yang ditujukan secara spesifik untuk melawan Omicron.
 
Untuk Pfizer, pihaknya optimistis pasokan gelombang pertama vaksin mereka, yang dapat digunakan untuk menghalau Omicron, sudah tersedia dalam kurun waktu sekitar 100 hari ke depan.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif