Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP).
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP).

PM Inggris Serukan Persatuan Dunia Melawan Penyakit

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 04 Juni 2020 22:06
London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuka KTT Vaksin Global (KTT GAVI) secara virtual. Dalam pidatonya dia menyerukan dunia harus bersatu dalam melawan penyakit, termasuk virus korona (covid-19).
 
Dia mengatakan KTT ini digelar sebagai upaya mendorong negara-negara dalam menggalang dana untuk menyediakan vaksin ke jutaan penduduk di negara miskin dan melindungi dunia dari kemungkinan pandemi lainnya.
 
"Saya harap KTT ini dapat menjadi titik di mana seluruh dunia bersatu dalam pertarungan melawan penyakit ini," kata Boris Johnson secara virtual, Kamis 4 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan ini diikuti lebih dari 50 negara, termasuk 35 kepala negara dan pemerintahan, serta para pimpinan organisasi privat dan kelompok masyarakat sipil. Melalui acara ini, diharapkan akan terkumpul dana sebesar USD7,4 miliar atau sekitar Rp105 triliun untuk organisasi vaksin internasional (GAVI) mengimunisasi 300 juta anak sebelum 2025.

 
"Inggris adalah donor tunggal terbesar dalam upaya internasional menemukan vaksin virus korona, kami juga tetap akan menjadi donor terbesar di dunia kepada Gavi dengan kontribusi sebesar 1.65 miliar poundsterling (Rp29,3 triliun) selama lima tahun kedepan," tuturnya.
 
Penggalangan dana ini, imbuh Johnson, sangat diperlukan untuk melindungi anak-anak dari penyakit mematikan seperti polio, difteri, dan campak. Tentunya juga untuk memastikan pemulihan dunia dari covid-19.
 
Saat vaksin sudah ditemukan, GAVI memiliki peran penting untuk menyalurkannya ke seluruh dunia. CEO GAVI, Dr Seth Berkley mengatakan KTT GAVI sangat penting dilakukan untuk mempertemukan pemimpin dunia dalam membangun sistem kesehatan global.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif