Presiden AS Donald Trump klaim selamatkan Pangeran Mohammed bin Salman dari kasus Khashoggi. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump klaim selamatkan Pangeran Mohammed bin Salman dari kasus Khashoggi. Foto: AFP

Bualan Trump Selamatkan Reputasi Putra Mahkota Arab Saudi

Internasional amerika serikat donald trump Jamal Khashoggi
Fajar Nugraha • 11 September 2020 06:12
Washington: Bocoran rekaman jurnalis senior Bob Woodward bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, turut membahas tentang pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Trump berseloroh dirinya sudah menyelamatkan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.
 
Sudah umum bahwa banyak pihak yang mencurigai Pangeran Salman berada di balik pembunuhan Khashoggi di gedung Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul pada 2018.
 
Kepada Woodward, Donald Trump membual bahwa dia telah melindungi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dari pengawasan kongres dalam pembunuhan brutal koresponden the Washington Post itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengungkapan datang dari buku yang akan segera dirilis, ‘Rage’, oleh Bob Woodward. Buku itu akan yang menguraikan 18 wawancara dengan Trump atas berbagai masalah, serta wawancara dengan banyak pejabat Gedung Putih.
 
Selama panggilan telepon antara Trump dan Woodward, jurnalis tersebut bertanya kepadanya tentang pembunuhan Khashoggi.
 
“Orang-orang di (The Washington) Post kecewa dengan pembunuhan Khashoggi," kata Woodward kepada Trump pada 22 Januari, menurut bukunya, yang salinannya diperoleh Business Insider, sepeti dikutip Middle East Eye, Jumat 11 September 2020.
 
"Itu adalah salah satu hal yang paling mengerikan. Anda sendiri yang mengatakannya,” sebut Woodward kepada Trump.
 
Setelah awalnya menanggapi dengan mengklaim bahwa pemerintah Iran telah membunuh puluhan orang setiap hari, presiden kemudian berkata "Saya menyelamatkan dia,” mengacu pada MBS.
 
"Saya bisa membuat Kongres untuk tidak mengganggunya (Pangeran Salman). Saya bisa membuat mereka berhenti,” tutur Trump.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif