Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id)

Malnutrisi Perburuk Risiko Penularan Covid-19 di Kelompok Rentan

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 13 Mei 2020 16:00
New York: Malnutrisi menjadikan ratusan juta orang di seluruh dunia lebih rentan tertular virus korona (covid-19). Pernyataan tertuang dalam sebuah laporan tahunan yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa, Selasa 12 Mei.
 
Laporan Nutrisi Global 2020, sebuah audit independen mengenai makanan dan nutrisi, menyebutkan bahwa sebagian besar orang di dunia tidak memiliki akses atau tidak mampu mendapatkan makanan sehat.
 
Kesenjangan nutrisi ini, ungkap laporan tersebut, mengancam kesehatan sekitar 820 juta orang di dunia. Menurut laporan tersebut, kesenjangan seperti itu terjadi karena sistem pertanian di banyak negara lebih memprioritaskan makanan olahan berharga murah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua orang layak mendapat makanan sehat, bernutrisi dan juga terjangkau," ungkap pernyataan gabungan para peneliti dalam laporan tersebut.
 
"Akses (mendapat makanan sehat) ini terhambat kesenjangan mendalam," sambungnya, disitat dari UPI, Selasa 12 Mei 2020.
 
Kondisi malnutrisi ini sudah menjadi kekhawatiran, bahkan sebelum adanya pandemi covid-19. Saat pandemi terjadi, para peneliti menjadi lebih khawatir lagi. "Laporan Nutrisi Global menekankan pada nutrisi bagi semua orang, terutama kelompok rentan," sebut para peneliti.
 
"Dengan hanya tersisa lima tahun lalu menuju target nutrisi global pada 2025, kita sudah tidak memiliki cukup waktu. Kita harus fokus pada tindakan-tindakan nyata untuk memberikan dampak maksimal," sambung mereka, dalam laporan setebal 168 halaman.
 
Audit tersebut menyebutkan bahwa satu dari sembilan orang di dunia mengalami kelaparan. Sementara di beberapa negara maju, satu dari tiga orang dari total populasi mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu 13 Mei 2020, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 4,2 juta dengan 291 ribu lebih kematian dan 1.493.661 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif