Masjid Syiah yang dibom ISIS-K di Afghanistan/AFP
Masjid Syiah yang dibom ISIS-K di Afghanistan/AFP

G20 Bahas Upaya Kontraterorisme Melawan ISIS-K di Afghanistan

Internasional Amerika Serikat konflik afghanistan isis taliban afghanistan G20
Marcheilla Ariesta • 13 Oktober 2021 10:26
Roma: Para pemimpin G20 bahas upaya kontra-terorisme di Afghanistan. Pembahasan dilakukan untuk mencegah Afghanistan menjadi 'sarang' teroris setelah dikuasai Taliban.
 
"Para pemimpin ekonomi dunia bersama dengan perwakilan PBB dan Qatar membahas kebutuhan kritis untuk mempertahankan 'fokus laser' pada upaya kontraterorisme kami yang berkelanjutan, termasuk terhadap ancaman ISIS-K," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The New Arab, Rabu, 13 Oktober 2021.
 
Pernyataan tersebut mengacu pada cabang kelompok Islamic State (ISIS) di Afghanistan yang dikenal dengan ISIS di Kharosan atau ISIS-K. Kelompok ini merupakan saingan berat Taliban, dan telah melancarkan serangkaian serangan mematikan setelah Afghanistan dikuasai Taliban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri yang menewaskan 55 orang pekan lalu di sebuah masjid Syiah di ibu kota Kabul.
 
Baca juga: Pemimpin Negara G20 Sepakat Bekerja Sama Hindari Bencana Kemanusiaan di Afghanistan
 
Para pemimpin G20 juga membahas perlunya memberikan jalan yang aman bagi warga negara asing dan mitra Afghanistan untuk meninggalkan Afghanistan.
 
Para pemimpin juga menegaskan kembali komitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan langsung kepada rakyat Afghanistan melalui organisasi internasional independen.
 
"Bantuan ini diberikan untuk mempromosikan hak asasi manusia yang mendasar bagi semua warga Afghanistan, termasuk perempuan, anak perempuan dan anggota kelompok minoritas," lanjut Gedung Putih.
 
AS, kata mereka, tetap berkomitmen untuk mendukung rakyat Afghanistan.
 
"Kami tetap menggunakan sarana diplomatik, kemanusiaan, dan ekonomi untuk mengatasi situasi di Afghanistan dan mendukung rakyat Afghanistan," lanjut mereka.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif