Ilustrasi bunuh diri. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi bunuh diri. Foto: Medcom.id.

Pemerintah Jepang Desak Warga Gunakan Bantuan untuk Hindari Bunuh Diri

Internasional jepang
Marcheilla Ariesta • 28 September 2020 21:40
Tokyo: Pemerintah Jepang mendesak orang-orang mencari bantuan jika mereka sedang menghadapi kesusahan. Desakan ini dikeluarkan menyusul kematian seorang aktris populer pada akhir pekan kemarin, yang diduga karena bunuh diri.
 
Kematian bintang Yuko Takeuchi, 40, mengejutkan negara tersebut. Hal ini juga sekaligus menyoroti kematian para figur ternama Jepang akibat bunuh diri yang meningkat di tahun ini.
 
Takeuchi merupakan seorang aktris terkenal di Jepang. Ia baru melahirkan anak keduanya pada Januari lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato mengatakan banyak orang tengah berjuang mengatasi krisis virus korona (covid-19).
 
"Ada peningkatan jumlah kasus bunuh diri sejak Juli lalu. Kami harus mengakui fakta ada begitu banyak orang mengakhiri hidup mereka yang berharga," kata Kato, dilansir dari Channel News Asia, Senin, 28 September 2020.
 
Dia mendesak masyarakat untuk menggunakan hotline pencegahan bunuh diri dan layanan lainnya yang disediakan pemerintah.
 
Takeuchi memainkan peran utama dalam seri HBO Asia Miss Sherlock pada 2018 lalu. Ia juga memiliki peran kecil dalam film klasik horor Jepang yang diproduksi 1998, The Ring.
 
Sebelumnya, aktris populer Jepang, Sei Ashina meninggal karena bunuh diri. Begitu pula dengan aktor Haruma Miura yang diduga bunuh diri pada Juli lalu.
 
Bintang acara reality Netflix, Terrace House, Hana Kimura, 22, juga meninggal pada Mei lalu setelah mengalami pelecehan secara daring. Kematian perempuan keturunan Indonesia itu menjadi berita utama internasional.
 
Dari data pemerintah, pada Agustus tahun ini, hampir 1.900 kasus bunuh diri terjadi di Jepang. Angka ini naik 15,3 persen dari tahun sebelumnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif