Penelitian vaksin covid-19. Foto: AFP.
Penelitian vaksin covid-19. Foto: AFP.

WHO Berharap Ratusan Juta Vaksin Covid-19 Diproduksi Tahun Ini

Internasional WHO
Marcheilla Ariesta • 20 Juni 2020 19:10
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap ratusan juta dosis vaksin virus korona bisa diproduksi tahun ini. Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan berharap dengan demikian sebanyak dua miliar dosis bisa diproduksi hingga akhir 2021.
 
"WHO saat ini tengah menyusun rencana untuk membantu memutuskan siapa yang harus mendapat dosis pertama setelah vaksin disetujui," kata Swaminathan, dilansir dari Straits Times, Sabtu 20 Juni 2020.
 
Prioritas akan diberikan kepada pekerja garis depan seperti petugas medis, warga lanjut usia atau mengidap penyakit lain, mereka yang bekerja dan tinggal di lingkungan transmisi tinggi seperti penjara dan rumah perawatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap dan optimistis. Tapi pengembangan vaksin adalah pekerjaan rumit, banyak ketidakpastian," terangnya.
 
"Hal baiknya adalah, kami memiliki banyak vaksin dan platform sehingga bahkan jika yang pertama gagal, kedua gagal, kita tidak kehilangan harapan. Jangan menyerah," imbuh Swaminathan.
 
Saat ini, sekitar 10 vaksin potensial tengah dalam uji coba pada manusia. Diharapkan vaksin untuk mencegah infeksi dapat tersedia dalam beberapa bulan mendatang.
 
Negara-negara sudah mulai membuat kesepakatan dengan perusahaan farmasi untuk memesan vaksin, bahkan sebelum vaksin itu terbukti bekerja.
 
Dia sangat optimistis jika vaksin akan segera ditemukan. Lagipula, imbuh Swaminathan, data analisis genetik yang dikumpulkan sejauh ini tidak menunjukkan virus korona itu bermutasi.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif