Pemandangan salah satu sudut kota Santiago, Chile. (Foto: MARTIN BERNETTI/AFP/File)
Pemandangan salah satu sudut kota Santiago, Chile. (Foto: MARTIN BERNETTI/AFP/File)

Empat Menteri dan Separuh Anggota Senat Chile Dikarantina

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 19 Mei 2020 13:00
Santiago: Empat menteri dan sekitar separuh dari total 50 anggota senat di Chile dikarantina usai melakukan kontak dengan sedikitnya tiga individu terjangkit virus korona (covid-19).
 
Dilansir dari TRT World, Selasa 19 Mei 2020, Menteri Keuangan Chile Ignacio Briones dan Kepala Staf Felipe Ward sama-sama menginformasikan via Twitter bahwa mereka dinyatakan negatif covid-19. Namun keduanya masih dikarantina sampai adanya tes kedua.
 
Briones mengaku menjalani tes covid-19 pada Jumat pekan kemarin karena dirinya "melakukan kontak secara reguler" dengan Jorge Pizarro, seorang senator yang terinfeksi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Dalam Negeri Gonzalo Blumel dan Menteri Pertumbuhan Sosial Sebastian Sichel juga melakukan karantina mandiri karena pernah melakukan kontak dengan salah satu individu positif covid-19.
 
Hingga penghujung pekan kemarin, sekitar 20 anggota senat Chile memulai isolasi mandiri usai bertemu Pizarro dan satu individu terinfeksi lainnya, Rabindranath Quinteros.
 
Senator ketiga, Manuel Jose Ossandon, mengonfirmasi pada Senin kemarin bahwa dirinya terinfeksi covid-19. Quinteros sempat mendapat kecaman karena bepergian ke wilayah selatan Chile, tak lama sebelum dirinya dinyatakan positif covid-19.
 
Berdasarkan data terbaru dari Universitas Johns Hopkins dan Worldometers pada Selasa ini, total kasus covid-19 di Chile telah mencapai 46.059 dengan 478 kematian dan 20.165 pasien sembuh.
 
Untuk zona Amerika Selatan, Chile berada di peringkat ketiga di bawah Brasil dan Peru. Brasil kini telah masuk daftar empat besar negara dengan angka kasus covid-19 tertinggi di dunia bersama Amerika Serikat, Rusia, dan Spanyol.
 
Hingga Selasa ini, total kasus covid-19 di Brasil telah melampaui 255 ribu dengan 16 ribu lebih kematian dan 100.459 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif