Presiden Rusia Vladimir Putin bersedia berdialog dengan Joe Biden. Foto: AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin bersedia berdialog dengan Joe Biden. Foto: AFP

Rusia Tuduh AS Ikut Campur Urusan dalam Negeri

Internasional vladimir putin rusia as-rusia Alexei Navalny
Juven Martua Sitompul • 25 Januari 2021 07:10
Moskow: Presiden Vladimir Putin akan menanggapi dengan cara yang sama jika pemerintahan baru Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Joe Biden, menunjukkan kesediaan untuk berbicara. Tapi di saat bersamaan, Moskow juga menuduh Washington ikut campur dalam protes massal untuk mendukung pemimpin oposisi yang ditahan Alexei Navalny.
 
Kremlin juga meremehkan skala demonstrasi Sabtu, yang membuat polisi menahan lebih dari 3.000 orang dan menggunakan kekerasan untuk membubarkan demonstrasi di seluruh Rusia.
 
Baca: Polisi Tangkap Ratusan Orang dalam Bentrokan Pendukung Navalny.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum protes, Kedutaan Besar AS di Moskow telah mengeluarkan "Peringatan Demonstrasi", memperingatkan warga AS untuk menghindari protes dan menyebutkan tempat-tempat di kota-kota Rusia tempat para pengunjuk rasa berencana berkumpul.
 
"Tentu saja, publikasi itu tidak pantas," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada Rossiya 1 TV pada Minggu, menurut kantor berita Interfax, Senin 25 Januari 2021.
 
"Dan tentu saja, secara tidak langsung, mereka benar-benar campur tangan dalam urusan internal. Jadi, ini adalah dukungan langsung dari pelanggaran hukum Federasi Rusia,” jelas Peskov.
 
Sementara Kedutaan AS, dalam komentar emailnya mengatakan, peringatan semacam itu adalah "praktik umum dan rutin" dari misi diplomatik banyak negara.
 
"Kedutaan dan konsulat AS di seluruh dunia secara teratur mengeluarkan pesan keselamatan dan keamanan kepada warga kami," imbuh Peskov.
 
Amerika Serikat pada Sabtu meminta otoritas Rusia untuk membebaskan pengunjuk rasa dan jurnalis yang ditahan di demonstrasi tersebut, dan mengutuk apa yang disebut "taktik keras" yang digunakan oleh polisi terhadap mereka.
 
Halaman Selanjutnya
Di pusat kota Moskow, di…
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif