Warga Italia mulai menikmati kelonggaran lokcdown akibat covid-19. Foto: AFP
Warga Italia mulai menikmati kelonggaran lokcdown akibat covid-19. Foto: AFP

Korban Tewas Covid-19 Italia Bisa Lebih Tinggi dari Angka Resmi

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 22 Mei 2020 11:57
Roma: Korban kematian Italia akibat virus korona pada Maret dan April bisa hampir 19.000. Korban meninggal diperkirakan bisa lebih tinggi dari angka resmi 32.486 jiwa saat ini.
 
Istituto Nazionale della Previdenza Sociale (INPS), lembaga jaminan sosial dan kesejahteraan terbesar di Italia, mengatakan dalam sebuah studi baru bahwa angka kematian resmi tidak ‘dapat diandalkan’.
 
Penelitiannya menunjukkan bahwa 156,4 total kematian tercatat di Italia pada bulan Maret dan April, yang 46,9 lebih tinggi dari jumlah rata-rata kematian pada bulan-bulan yang dicatat antara 2015 dan 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tetapi hanya 27.938 kematian yang terkait dengan virus korona yang dilaporkan selama periode itu oleh Badan Perlindungan Sipil, yang jumlah korbannya menjadi dasar statistik nasional,” kata INPS, seperti dikutip AFP, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Itu berarti ada 18.971 lebih banyak kematian daripada yang normal selama periode ini. Sebagian besar dari 18.412 korban tewas akibat covid-19 berada di wilayah utara Italia.
 
"Mengingat fakta bahwa jumlah kematian cukup stabil pada masa-masa ini, kita dapat mengaitkan sebagian besar dari kematian ini selama dua bulan terakhir ini dengan epidemi," INPS menambahkan.
 
Peningkatan kematian kemungkinan bukan hanya karena penyakit itu. INPS menyebutkan angka kematian bisa saja dari orang yang menderita penyakit lain yang tidak dapat mendapatkan perawatan kesehatan karena rumah sakit kewalahan oleh pandemi virus korona.
 
Pada hari Jumat, pandemi telah mengklaim 32.486 kematian di Italia, 26.715 di antaranya di Lombardy saja. Ini menjadi wilayah yang terkena dampak terburuk di Eropa.
 
Data Universitas Johns Hopkins pada Jumat 22 Mei 2020 menyebutkan 228.066 kasus positif tercatat di Italia. 134.560 diantaranya sudah sembuh.
 

 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif