New York menjadi wilayah terparah terkena imbas virus korona di Amerika Serikat. Foto: AFP
New York menjadi wilayah terparah terkena imbas virus korona di Amerika Serikat. Foto: AFP

AS Catat Kematian Tertinggi Akibat Covid-19 dalam Sehari

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 26 Maret 2020 18:16
Washington: Amerika Serikat (AS) mencatat angka tertinggi baru untuk kematian akibat virus korona covid-19 dalam satu hari. Lebih dari 200 kematian dilaporkan pada Rabu kemarin di sana.
 
Lonjakan drastis ini membuat total kematian virus korona di AS mencapai 928 jiwa, terhitung sejak akhir Januari. Para ahli mengatakan, angka infeksi covid-19 juga akan meningkat secara drastis karena banyak yang dites.
 
"Semakin agresif kita berkomitmen untuk menjaga jarak sosial, semakin banyak nyawa yang bisa kita selamatkan," kata Presiden AS Donald Trump, dilansir dari CNN, Kamis, 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, lebih dari 65 ribu orang di AS dilaporkan positif korona. Angka terus meningkat tajam setiap harinya. Pasalnya, banyak masyarakat di negara bagian melanggar aturan untuk menjaga jarak sosial.
 
Namun, negara bagian dan masyarakat harus melanggar aturan setempat untuk meningkatkan sumber daya guna memerangi penyakit mematikan ini. Di Texas, misalnya, negara bagian akan mengizinkan fasilitas medis yang tengah menunggu lisensi atau sudah ditutup dalam 36 bulan terakhir, untuk beroperasi kembali secara daring.
 
"Dengan mengabaikan aturan-aturan ini, kita dapat dengan cepat mendapat banyak fasilitas online untuk membantu masyarakat Texas, dan memaksimalkan kapasitas rumah sakit, serta memberikan perawatan kepada warga yang membutuhkan," ujar Gubernur Texas Greg Abbott.
 
Hampir 1.000 kasus covid-19 ada di Texas dan sudah terkonfirmasi 12 kematian di sana.
 
Sementara di New York, Wali Kota Bill de Blasio mengatakan sebanyak 200 tahanan akan dibebaskan dari penjara. Menurut Jaksa Agung New Jersey Gurbir Grewal, mereka yang dibebaskan adalah pelaku kejahatan tingkat rendah.
 
Mereka dibebaskan dari penjara karena khawatir malah akan terjangkit covid-19.
 
Meski angka infeksi dan kematian terus meningkat, Trump mengatakan penutupan menyeluruh atau lockdown di beberapa negara bagian akan segera dicabut. Trump menyerukan pencabutan lockdown ini agar AS tidak terpuruk dalam ekonomi akibat covid-19.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif