NEWSTICKER
Igor Matovic dilantik saat Slovakia dan banyak negara Eropa dilanda pandemi covid-19. (Foto: Vladimir Simicek/AFP/Getty Images)
Igor Matovic dilantik saat Slovakia dan banyak negara Eropa dilanda pandemi covid-19. (Foto: Vladimir Simicek/AFP/Getty Images)

PM Baru Slovakia Dilantik di Tengah Pandemi Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 22 Maret 2020 17:00
Bratislava: Presiden Slovakia Zuzana Caputova melantik Igor Matovic menjadi perdana menteri baru negara tersebut pada Sabtu 21 Maret. Pelantikan dilakukan di tengah gejolak ekonomi di tengah pandemi penyakit virus corona (covid-19).
 
Matovic, 46, menjabat posisi PM di saat Slovakia bergerak menuju resesi. Penutupan hampir semua toko dan kafe di Slovakia selama pandemi covid-19 telah memukul perekonomian negara tersebut.
 
Senin besok, empat perusahaan otomotif utama di Slovakia juga akan berhenti beroperasi untuk sementara dalam rangka meminimalisasi penyebaran korona. Padahal, empat perusahaan tersebut merupakan kontributor krusial dalam perekonomian Slovakia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mengemban tanggung jawab di saat kepercayaan publik terhadap kepolisian dan pengadilan di Slovakia relatif rendah, saat Slovakia menduduki rangking atas dalam hal korupsi," kata Matovic setelah dilantik.
 
"Kami akan melakukan apapun untuk memastikan masyarakat Slovakia memercayai negara mereka lagi," tekadnya, seperti disitat dari UPI, Minggu 22 Maret 2020.
 
Partai Matovic, Ordinary People, berjaya dalam pemilihan umum pada 29 Februari mendatang. Ia pun membentuk koalisi dengan tiga partai lainnya. Jumat kemarin, Caputova telah menerima pengunduran diri Peter Pellegrini dari jabatan PM Slovakia yang membukakan jalan bagi Matovic.
 
Transisi kekuasaan di Slovakia telah menghambat respons negara tersebut terhadap pandemi covid-19. Negara tetangga Slovakia, yakni Polandia dan Republik Ceko, telah mengesahkan paket stimulus untuk menstabilkan perekonomian negara mereka di tengah penyebaran korona.
 
Sementara Slovakia hingga saat ini belum mengumumkan apapun terkait paket stimulus ekonomi.
 
Slovakia merupakan satu dari banyak negara Eropa yang dilanda covid-19. Beberapa pekan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Eropa sebagai pusat pandemi dari covid-19, virus yang pertama kali muncul di Tiongkok pada akhir Desember 2019.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif